Jumat, 12 April 2013

PENULISAN TERAS DAN BADAN BERITA

PENULISAN TERAS DAN BADAN BERITA

SRTUKTUR DAN JUDUL BERITA

Sebagai seni yang unik, jurnalistik  menjadi sarana untuk mencari dan mengumpulkan fakta yang diolah menjadi informasi atau berita  diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan seseorang,serta wawasan berpikir dalam menelitidan mengatur pergaulan hidup ditengah-tengah masyarakat.
Suhandang(2004) menegaskan,dengan informasi itulah, seseorang dapat mengatur atau memenuhi kebutuhan hati nuraninya demi pergaulan hidup yang menyenangkan. Isi informasi yang baru bersifat habitual,
yaitu informasi yang lebih menekankan pada hal-hal yang sudah menjadi kebiasaan hidup manusia atau rentang waktu yang digunakan dalam keterlibatan perilaku khalayak pelaku peristiwa berita tersebut.selain contoh di modul dapat kita ambil contoh lain misalnya rencana kenaikan tarif dasar listril (TDL) atau rencana kenaikan harga sembako. Kedua contoh ini merupakan asfek yang mempengaruhi kehidupan orang banyak.
Bersifat periodical, yaitu informasi yang isinya berupa hal-hal yang hanya memerlukan perhatian dan keterlibatan pelaku khalayak secara berkala, misalnya menjelang peringatan hari besar kenegaraan atau keagamaan.
Bersifat inovasi, yaitu informasi yang merupakan hal-hal baru yang selama ini belum ada atau merupakan sesuatu pengembangan dari yang sudah ada menjadi lebih sempurna lagi dengan penelitian dan pengujian.
Komponen utama yang membentuk sebuah berita adalah teras berita(Lead) dan tubuh berita (body). baik dalam penulisan berita secara konvensional atau berita yang disusun dengan pola variasi terdapat kedua komponen ini. lazimnya berita ditulis dengan pola piramida terbalik. yaitu mulai dari bagian paling penting( teras) makin ke bawah makin kurang penting.  Bagian paling atas (alinea pertama) disebut lead/inti berita, merupakan bagian fakta paling penting, sedangkan bagian selanjutnya merupakan uraian/penjelasan  dari alinea pertama tersebut(tubuh berita).yang  bawah akhir  berita.
Penulisan seperti ini tidaklah mudah  karena: 1) kebiasaan sejak nenek moyang kita menyampaikan pesan secara  bertutur,  sehingga menulis belum menjadi budaya, dan 2) kebiasaan kita bercerita secara kronologis, yaitu bagian penting ditempatkan di akhir cerita.
Kegunaan menulis bagian terpenting paling atas adalah:
  1. Memudahkan redaksi dalam menyiarkan berita. Yaitu,  bila ruang/waktu tidak cukup untuk memuat seluruh isi berita, maka bisa mengabaikan bagian bawah berita
  2.  Membantu khalayak  agar cepat mengetahui isi berita. Yaitu, dengan hanya mengetahui bagian paling penting, khalayak sudah bisa memahami berita tersebut.
       Gambar Struktur Berita Piramida Terbalik
 
Komponen berita lain yaitu judul berita(headline) dan baris tanggal(dateline)Secara terstruktur 1. judul berita(headline). 2. Baris tanggal(dateline) 3. Teras berita (Lead  ) 4.tubuh berita (body).
 Judul berita merupakan gambaran dari isi berita, sehingga dengan membaca judul sudah bisa mendapat gambaran tentang isi berita.  Maka judul berita harus memenuhi syarat berikut:
  1. Judul berita harus menggambarkan inti terpenting dari berita.
  2. Judul ditulis secara singkat, padat, dan menarik.
Berita pada media elektronik (radio dan televisi) penekanan utamanya terletak pada unsur bunyi sedangkan pada media cetak yang diperhatikan adalah unsur tipografi huruf, pewarnaan dan susunan huruf.
Suhandang(2004) mengatakan, menurut kepentingan beritanya ada empat jenis judul yang perlu diketahui.
1.      Banner headline, yaitu jenis judul berita untuk jenis berita yang sangat penting dengan cara menonjolkan jenis dan ukuran huruf yang mampu mencerminkan sifat gagah dan kuat dalam penyajiannya.(mampu menempati 4 kolom besar surat kabar)
2.      Spread headline , yaitu jenis judul berita untuk jenis berita yang  penting. Cara penyajiannya lebih kecil dipandingkan Banner headline (hanya mampu menempati 3 kolom)
3.      Secondary  headline, yaitu jenis judul berita yang kurang penting. Cara penulisan hurufnta lebih kecil ukuran dan ketebalannya dari Spread headline
4.      Subordinated headline, yaitu jenis judul berita yang tidak penting (kadang hanya untuk mengisi kekosongan kolom)

Dari keserasian baris judul berita dapat dibagi beberapa jenis
1.      Cross line headline : judul terdiri dari satu baris
2.      Pyramide headline : judul yang susunannya lebih dari satu baris dan berbentuk pyramid
3.      Inverted ptramide headline : : judul yang susunannya lebih dari satu baris dan berbentuk pyramid terbalik
4.      Flus left  headline : judul terdiri dari beberapa baris disusun rata tepi kiri.
5.      Flus right headline : judul terdiri dari beberapa baris disusun rata tepi kanan.
6.      Hanging indention headline : judul yang terdiri dari tiga baris atau lebih yang susunan panjangnya dimulai baris pertama.
MENULIS  JUDUL BERITA
Pada dasarnya judul berita mempunyai beberapa fungsi.
1.      Menarik minat pembaca
2.      Merangkum isi berita.
3.      Melukiskan suasana berita.
4.      Memudahkan pembaca
5.      Member identitas.
6.      Untuk kepentingan surat kabar pada umumnya.
Cara membuat judul berita
1.      Buatlah judul sesuai dengan teras berita.
2.      Pakailah kalimat positif hindari kalimat negative.
3.      Hindari judul yang memihak.
4.      Kata-kata yang sederhana dan mudah dimengerti.
5.      Buat judul sejelas mungkin, jangan membuat pembaca bertanya-tanya.
6.      Judul harus mencerminkan isi berita
7.      Jangan membuat judul yang sensasional dan bombastis.
PENDEKATAN DALAM MENULIS BERITA
Terdapat dua pendekatan yang digunakan untuk melulis berita Staight dan soft. Straight News berita yang disajikan langsungdengan menyebutkan pokok persoalan/pikiran utama mengingat tidak semua orang memiliki waktu luang untukmembaca,mendengar dan menyaksikan penyajian berita. Kesibukan membuat seseorang praktis untuk mengetahui berita hanya ingin menikmati utamanay saja.
Beberapa jenis Straight News menurut suhandang (2004) antara lain;
1.      Matter of fact news, yaitu berita yang hanya mengemukakan  fakta utama yang terlibat dalam peristiwa itu saja.
2.       Action news, Yaitu berita  yang hanya mengemukakan  perbuatan,tindakan (kejadian) yang terlibat dalam peristiwa itu saja (mengisahkan jalannya peristiwa itu).
3.      Quote news, Yaitu berita  yang hanya mengemukakan  kutipan dari hal yang diucapkan oleh para tokoh yang terlibat dalam peristiwa itu.
Selain di modul Contoh jenis berita diatas sebagai berikut:


Matter of fact news
JAM PELAJARAN SEKOLAH, ANDI DITENGAH LAUT
Pupus sudah cita-cita Andi(10). Siswa Sekolah Dasar di Sungailiat, Kabupaten Bangka ini, meninggalkan bangku sekolah karena harus membantu keluarga mencari nafkah.
Wani (40) orang tua yang kewalahan menghidupi anak-anaknya mengatakan, ia harus membanting tulang untuk menghidupi kelima anak-anaknya. Andi adalah anaknya yang paling besar dan satu-satunya laki-laki dirumah sebagai pengganti suaminya yang meninggal setahun yang lalu.
Pil pahit harus ditelan Andi, Anak seusianya sibuk dengan buku pelajaran disekolah sedangkan ia sibuk pula dengan peralatan tangkap ikan ditengah laut.

Cita-cita luhur Andi menjadi insinyur perikanan kandas.Padahal ia ingin sekalimeningkatkan taraf hidup nelayan didesanya berbekal ilmu yang didapatnya kelak.
Bagi wani, anak nelayan adalah nelayan cepat atau lambat akan turun kelaut. Sekolah tinggi tujuan utamanya adalah mencari pekerjaan untuk menghidupi keluarga, dan pekerjaan untuk Andi sebagai tulang punggung telah diambang mata. Ia mengharapkan Wanti anak keduanya yang sekolah tinggi, menurutnya Wanti lebih cerdas disekolah dari pada Andi.
Pada contoh diatas jelas fakta yang diangkat Andi berhenti sekolah karena harus bekerja di laut.memenuhi kebutuhan keluarga.

Action news
DENGAN UANG, BUJANG HARAPKAN NILAI BAGUS
Nilai yang memuaskan adalah harapan seorang mahasiswa di perguruan tinggi. Belajar merupakan jalan utama mewujudkan semua itu.
Agar lulus dengan waktu yang singkat dan hasil yang memuaskan Bujang telah menghubungi dosen pengampu di Universitasnya.


Sebagai anak orang terpandang di kotanya, Bujang tidak ingin membuat kecewa orang tuanya. Ia sanggup membayar berapapun yang dipinta orang yang memuluskan jalan mencapai angannya.
Bagi dosen yang menjungjung tinggi kualitas mahasiswa dan almamaternya tentu akan menolak hal itu.
Pada berita ini dapat dipahami bagaimana cara/tindakan Bujang sebagai mahasiswa yang ingin mendapat nilai baik.

Quote news,        GUBERNUR BABEL : TINGKATKAN PELAYANAN MASYARAKAT
Sebagai orang nomor satu di Bangka belitung, Ir. H. Eko maulana ali. Msc.MAP. mengatakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Bangka Belitung wajib meningkatkan kualitasnya dalam pelayanan kepada masyarakat. PNS adalah Abdi masyarakat untuk itu segala bentuk pelayanan harus ditingkatkan.
“ Saya bertanggung jawab penuh atas kinerja PNS di Wilayah saya, masyarakat jangan  segan-segan melaporkan kinerja Pegawai yang kurang baik” Katanya.

Eko menambahkan, pernyataannya ini untuk kemajuan Bangka belitung dan tidak ada hubungannya dengan Pencalonan Istrinya sebagai Calon Bupati yang saat ini sedang berlangsung.
Sementara itu Sekretaris Provinsi Bangka Belitung Imam Mahdi Nugroho mengatakan, komitmen gubernur tersebut didudung dengan peninggatan tunjangan bagi Pegawai.   
.
Perkataan Gubernur nyata sekali di angkat pada berita ini.
( Contoh berita hanya pikiran penilis saja bukan nyata)

Pendekatan berikutnya adalah soft news.

soft news atau feature news adalah berita yang disajikan dengan menyebutkan terlebih dahulu unsur-unsur penjelas dari pokok utama, dikemukakan secara diplomatis (tidak secara langsung mengemukakan fakta).
Echols (1975:236) mengatakan, feature memuat sajian fakta yang sangat utama maknanya dan ada maksud untuk meninjolkan peristiwa yang diberitakan.
Sykes (1976:380) memasukan unsur distingtif ( membedakan anatara satuan bahasa) dalam kridor feature. Menurut suhandang(2004) feature dimaknai sebagai artikel atau berita yang khusus dan istimewa untuk bisa menarik perhatian dan dinikmati pembaca,pendengar atau penonton sehingga mereka mau menikmanya.
Bentuk feature
1.      antiFeature : feature yang tidak terikat oleh waktu (sering digunakan majalah)
2.      feature berita: tulisan atau artikel tentang masalah yang sedang hangat dibicarakan
3.      feature nonberita : kemasan karangan yang sama sekali tidak berhubungan dengan aktualitas berita.

TERAS BERITA
Lead atau Teras Berita merupakan bagian paling penting dari fakta yang dikumpulkan. Yang menjadi penentu ketertarikan pembaca untuk meneruskan membaca atau tidak.
 Lead berita terdapat di alinea pertama yang harus memenuhi syarat sebagai berikut:
  1. Bagian paling penting dari fakta yang diberitakan
  2. Ditulis lengkap, singkat, dan padat
  3. Disajikan secara sederhana, mudah dipahami, dan menarik
 Bagian  fakta paling penting
Tidak ada rumus dalam menentukan apa yang paling penting, tapi bisa diambil dari bagian fakta yang paling ingin cepat diketahui khalayak. Misalnya:
  1. Fakta tentang pertandingan olahraga, tentu fakta yang ingin cepat diketahui adalah tentang hasil pertandingan tersebut. Maka lead berita yang biasa kita temui seperti ini:  “Kesebelasan Indonesia berbagi angka 1-1 dengan Thailand, pada pertandingan persahabatan di Gelora Bung Karno tadi malam”.
  2. Fakta tentang musibah atau bencara, tentu yang pertama kali ingin diketahui khalayak adalah akibat musibah/bencana tersebut. Maka lead berita yang sering ditulis wartawan seperti ini: “Tiga orang tewas, dua luka berat, dan 12 luka ringan akibat tertimpah panggung roboh pada konser Lady Oca, di Lapangan Merah, Moskow, Minggu malam”.
  3. Fakta  tentang persidangan, rapat, kongres, dan sejenisnya, pasti yang ingin cepat diketahui khalayak adalah tentang hasil persidangan tersebut. Maka kita selalu baca lead seperti ini: “Pemerintah akan menaikkan harga premium menjadi Rp 7.000 per 1 Januari 2013. Demikian keputusan rapat kabinet terbatas bidang Ekuin, yang dibacakan Menteri ESDM, Jero Wacik, usai sidang tersebut pagi ini”.
  4. Fakta pendapat, baik hasil wawancara, menghadiri konferensi pers, atau hasil mendengar pidato. Bagian paling penting adalah penggalan pendapat yang paling berpengaruh bagi banyak orang. Maka bisa saja hasil rekaman pidato/konferensi pers selama satu jam hanya pantas dijadikan berita dua alinea saja.  Hasil wawancara setengah jam hanya diberitakan satu alinea.

1.Who lead (Teras Berita Siapa)
Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas)
Kejaksaan Negeri Blora, Jawa Tengah, menangani kampanye terselubung PKS Kabupaten Blora yang dilimpahkan Kepolisian Resor Blora Jumav pekan lalu.
Terkait itu, kejaksaan menyiapkan dua jaksa khusus tindak pidana pemilu, Suryadi dan Tri Joko, yang akan menjadi jaksa penuntut umum di persidangan. Tersangka kasus itu adalah Sujad, Ketua Bakti Sosial Pengobatan Gratis PKS di Dukuh Kembang dan Nggoboyo, Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejo.

2.What lead (Teras Berita Apa)
Senin, 19 Januari 2009 (Kompas)
MPAS Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juana menargetkan pembangunan fisik Waduk Jatibarang dapat selesai pada pertengahan tahun 2013. Dengan selesainya pembangunan Waduk seluas 2 21,65 hektar ini, diharapkan dapat mengatasi masalah banjir"di Kota Semarang.

3.When lead (Teras Berita Kapan)
Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas)
Sejak dibentuk pada tahun 2006, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah melikuidasi sebanyak 15 bank perkreditan rakyat (BPR) di Indonesia. Sebagian besar atau sembilan BPR yang dilikuidasi itu berada di Jawa Barat.

4.Where lead (Teras Berita Di mana)
Rabu, 21 Januari 2009 (Kompas)
Kabupaten Lamongan memiliki 462 desa di 27 kecamatan. Dari jumlah tersebut 11 desa belum memiliki kepala desa definitif karena masa jabatan kades berakhir. tetapi belum menggelar pemilihan kepala desa. Selain itu, kades di 8 desa akan berakhir masa jabatannya pada pertengahan tahun 2009.

5.Why lead (Teras Berita Mengap)
Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas)
Gara-gara kebakaran di Depo Plumpang, pasokan pertamax plus dan pertamax di Bandung kritis.

6. How Lead (Teras Berita Bagaimana)
Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas)
Untuk mencegah kematian akibat minuman keras oplosan. Masyarakat perlu mendapat bimbingan dan penyadaran tentang memilih makanan dan minuman sehat.

7. contrast Lead (Teras Berita Kontras)
Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas)
Satu lagi korban kekerasan insan pendidik di Indonesia terjadi. Daun telinga sebelah kiri Mohammad Rofi Iswandi (9), siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Sukokerto 1, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, hampir putus akibat dijewer gurunya, Gozali.

8.Cuotation lead (Teras Berita Kutipan)
Senin, 21 Juli 2008 (Kompas)
Ayunda punya obsesi memiliki sebuah bale bengong (gazebo khas Bali) untuk bersantai di sore hari. Namun, halaman rumahnya sangat terbatas, tak cukup untuk meletakkan sebuah gazebo yang kecil sekalipun. Rasanya bukan hanya Ayunda ycng memiliki obsesi seperti itu. Memiliki sebuah bale bengong memang menyenangkan, karena bisa digunakan untuk menyantap makanan ataupun untuk sekedar duduk-duduk berkumpul bersama keluarga. Namun, lagi-lagi, keterbatasan lahan menjadi batu sandungan untuk membuat sebuah bale bengong di rumah.

9.Question lead (Teras Berita Pertanyaan)
Kamis, 8 Mei 2008 (Kompas)
Mengapa tidak ke lantai bawah lebih dulu? “Inilah konsep dasar rumah panggung. Di sini, kami melakukan kegiatan utama di lantai atas,” jawab Santo—panggilan akrab Santoso W. Reksoprodjo. Konsep bertinggal seperti ini umurnya sudah tua sekali. Dulu, nenek moyang kita membuat struktur yang dinaikkan karena beberapa alasan—seperti menghindari binatang buas dan mencegah kelembaban (terutama pada lingkungan berair). Pada rumah panggung modern milik Santo, arsitek sekaligus pemilik rumah ini, Anda dapat menyaksikan bagaimana konsep rumah panggung tradisional diterjemahkan dalam bangunan modern.

10. Descriptive Lead (Teras Berita Pemaparan)
Jumat, 19 Desember 2008 (Kompas)
Seusai peluncuran bukunya yang berjudul Indonesia Unggul dan peresmian Toko Buku Gramedia di Grand Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkesempatan mengunjungi Teras Kompas di 3rd floor Grand Indonesia, Di tempat ini, Presiden menyaksikan sendiri terobosan teknologi dalam jiwa jurnalisme Kompas yang terwujudkan dalam portal berita Kompas.com, TV streaming KompasTV, Kompas e-paper dan Pusct Informasi Kompas (PIK). Di sela-sela itu, Presiden juga menerima penjelasan dari CEO Kompas Gramedia Agung Adi Prasetyo yang didampingi oleh Presiden Komisaris Kompas Gramedia Jakob Oetama dan Direktur Eksekutif Kompas.com Taufik H Mihardja

11. Narative Lead (Teras Berita Bercerita)
Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas)
Keberadaan mangrove di pesisir utara Gresik saat ini terancam punah. Mangrove tersebut tidak terurus dan tidak lebih dari satu persen dcri panjang pantai Gresik, Jawa Timur.Mangrove sebagai ekosistem hutan pantai ini memiliki fungsi penting sebagai pelindung pantai dari ancaman ombak dan tsunami. Selain fungsi fisik melindungi pantai, mangrove berperan penting sebagai habitat biota bernilai ekonomis, seperti ikan, udang, dan kepiting.

12. Exclamination Lead (Teras Berita Menjerit)
Selasa, 20 Januari 2009 (Kompas)
“Tolong, Tolong!” Tiga bocah yang tewas tenggelam saat berenang di bekas galian bebatuan di Desa Tiron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Senin (19/1) malam, akan dimakamkan hari ini.


Gaya Penulisan Berita
Gaya penulisan berita dengan tehnik piramida terbalik, dapat dibuat susunannya sebagai berikut:
Judul
Ini bagian yang amat penting. Karena itu tidak gampang. Diperlukan pengalaman yang panjang untuk bisa membuat judul yang baik dan menarik. Sekedar patokan, judul berita lazimnya dalam bentuk kalimat deklaratif (pernyataan), kalimat aktif, menggambarkan isi berita sesuai angle yang dipilih, dan menarik perhatian. Dengan patokan begini, judul "ABRI Tidak Persoalkan Terpilihnya Mega", lebih tepat ketimbang "Terpilihnya Mega tidak dipersoalkan ABRI".
Dateline
Dateline, yakni tempat atau waktu berita itu diperoleh dan disusun.
Teras Berita (lead)
Adalah bagian berita yang terletak di alinea atau paragraf pertama. Teras berita merupakan bagian dari komposisi atau susunan berita, yakni setelah judul berita (head) dan sebelum badan berita (news body). Menurut Jurnalis, mereka sering berseloroh mengibaratkan bahwa menulis teras seperti mengejar gadis. Jika kita dapat sekali, maka untuk mendapatkan yang lainnya akan mudah. Maksudnya, jika penulisan teras berita sudah berhasil kita tuangkan, maka bagian-bagian berita yang lain akan mengalir dengan sendirinya, alias menggelinding seperti bola.
Berbagai bentuk susunan teras berita, di antaranya:
Summary Lead atau Conclusion Lead (teras berita yang dipadatkan/dirapatkan)
Contoh: Bupati Jombang, Drs. H. Suyanto mengisi hari liburnya dengan kegiatan santai di kebon rojo Jombang, minggu (22/4).
Statement Lead (Teras berita berupa pernyataan)
Contoh: Kapolres Jombang, Eddy Sumantri, SH menegaskan, pihaknya akan mengusut tuntas kasus ijazah aspal yang digunakan para caleg hingga pembuatnya tertangkap.
Quotation Lead (teras berita kutipan)
Contoh: "Penyebar buku putih itu harus diusut dan dihukum", demikian dikatakan Bupati Jombang, Drs. H. Affandi, kemarin, menanggapi beredarnya buku putih yang menyudutkan ormas Islam.
Contrast Lead (teras berita kontras)
Contoh: Malang, yang berjuluk kota pendidikan, untuk pertama kalinya tahun ini dikalahkan dari utusan kota santri Jombang, dalam unjuk kebolehan bertajuk "Olimpiade Matematika se-Jawa Timur", di Islamic Centre Surabaya.
Exclamation Lead (teras berita berupa teriakkan)
Contoh: "Allahu Akbar…!", teriak Amrozi, terdakwa kasus bom Bali penuh semangat, mendengar putusan hakim yang memvonisnya dengan hukuman mati.
Selain itu, dalam penulisan teras berita ini, dapat dilakukan dengan menonjolkan bagian-bagian dari unsur 5W plus 1 H. Contohnya:
Teras Berita Apa (What) Rumah Dinas Wakil Bupati Jombang, Drs.H. Ali Fikri yang terletak di Jl. Wachid Hasyim (What) diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Jawa Timur kemarin.
Teras Berita Siapa (Who) Gubernur Jawa Timur (Who) meresmikan penggunaan rumah dinas Wakil Bupati Jombang, Drs.H. Ali Fikri yang terletak di Jl. Wachid Hasyim kemarin.
Teras Berita di Mana (Where) Di rumah dinas Wakil Bupati Jombang, Drs. Ali Fikri yang terletak di Jl. Wachid Hasyim (Where) berlangsung pasar murah khusus bagi para tukang becak.
Teras Berita Kapan (When) Mulai edisi ke-48 (When) surat kabar mingguan (SKM) Radar Minggu juga mulai menyapa pembaca di pulau garam Madura dan Kalimantan Selatan.
Teras Berita Mengapa (Why) Untuk mengusut buku putih yang menyudutkan ormas Islam di Jombang (Why), Pimpinan Ponpes Tebuireng membentuk tim yang bekerja sama dengan pihak berwajib, diantaranya Polres Jombang, Kodim dan kejaksaan.
Teras Berita Bagaimana (How) Melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) Jurnalistik tingkat dasar(How), PWI berupaya mencari bibit wartawan yang profesional.
Tubuh Berita
Seperti yang dijelaskan di atas, yang paling sulit dalam membuat berita terletak pada pembuatan teras berita (lead). Setelah lead selesai, maka dengan sendirinya kita dapat meneruskan pembuatan body (tubuh) berita secara mudah.
Tanpa perlu didefinisikan, itulah berita. Setiap hari disantap, sehingga timbul kesan gampang membuatnya. Apa benar begitu? Berani bertaruh membuat berita tidak sesulit yang diduga, tapi jauh lebih sulit dari yang diduga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar