Minggu, 21 September 2014

Kumpulan Soal Tes Formatif KOMUNIKASI MASSA (SKOM4315)



KOMUNIKASI MASSA (SKOM4315)
Soal   tes Formatif  1.1
1.       Jumlah komunikan pada komunkasi massa paling sedikit adalah ……..
A.   1000 orang   
B.   2000 orang   
C.   3000 orang   
D.  Tidak dapat ditentukan jumlahnya

2.       Media massa itu meliputi…………
A.   Radio- sarat kabar- televise-film-leaflet
B.   Radio- televise - sarat kabar –majalah - film-internet
C.   Radio- radio CB – televise- sarat kabar - film-majalah
D.   Radio- buletin- majalah- televise –  sarat kabar – film

3.       Yang termasuk dalam media komunikasi massa cetak adalah…..
a.    Sarat kabar- majalah- Buletin
b.   Sarat kabar- majalah- Buku
c.    Sarat kabar- tabloid- majalah
d.   Sarat kabar- majalah- leaflet

4.       Yang termasu dalam media komunikasi massa elektronik adalah……
a.    Radio – televise
b.   Radio- tape recorder
c.    televise – video
d.   radio - surat kabar

5.       komunikasi massa menurut Severin & Tankard adalah sebagian dari keterampilan. Salah satu  kegiatan yang termasuk  ke dalam kerampilan adalah ………….
a.    Cara memfokuskan kamera
b.   Menulis skrip untuk program televise
c.    Menulis skrip drama untuk radio
d.   Menulis artikel

6.       komunikasi massa merupakan sebagian dari seni. Salah satu kegiatan yang termasuk ke dalam seni adalah ……
a.    membuat  naskah  wawancara
b.   membuat tata letak (lay out) foto
c.    cara mengatur suara sound system
d.   cara membaca cerita

7.       Ada  beberapa produk dari komunikasi massa menurut Gerbner, kecuali….
a. Berita
b. Artikel
c. Surat kabar
d. Acara hiburan dilapangan

8.       Gerbner mengatakan apa yang dimaksud dengan arus pesan yang continue, kecuali….
a.    Pesan disampaikan tiap jam
b.   Pesan disampaikan tiap hari
c.    Pesan disampaikan tiap minggu
d.   Pesan disampaikan sesuai dengan kepentingan komunikan

9.       Menurut Freidson, komunikasi massa itu dialamatkan kepada sejumlah populasi, dan populasi tersebut merupakan representasi dari berbagai lapisan masyarakat. Yang tidak termasuk ke dalam representasi dari berbagai lapisan masyarakat adalah khalayak kounikasi massa mewakili berbagai…..
a. Etnik
b.   Tingkat pendidikan
c. Jumlah komunikan
d.   Tingkat ekonomi

10.   Komunikasi massa adalah sebagian dari keterampilan, sebagian seni dan sebagian ilmu. Definisi tersebut dikemukakan oleh ….
a.    Severin & Tankard,Jr.
b.   Onong Uchjana Effendy
c.    Gerbner
d.   Joseph A De Vito.

Soal   tes Formatif  2.1
1.    Komunikator pada komunikasi massa itu terlembaga. Hal tersebut mempunyai pengertian, kecuali…….
a.    Komunikator terikat dengan lembaga media massa di saat menyampaikan pesannya.
b.   Komunikator harus bekerjasama dengan pihak-pihak lain yang ada pada lembaga media massa.
c.    Komunikator harus bekerjasama dengan lembaga pemerintah
d.   Komunikator harus menyesuaikan pesannya dengan kebijakann media massa yang bersangkutan.

2.    Pesan komunikasi massa bersifat umum. Hal tersebut mempunyai  pengertian, kecuali…..
a.    Pesan ditujukan kepada semua kalangan.
b.   Pesan harus memenuhi kriteria menarik bagi khalayak.
c.    Pesan harus memenuhi kriteria penting bagi khalayak.
d.   Pesan harus menyangkut fasilitas umum

3.    Komunikan pada komunikasi massa terdiri dari berbagai lapisan masyarakat yang berbeda. Oleh karenanya, komunikan pada komunikasi massa bersifat……..
a.    Anonym
b.   Heterogen
c.    Kompleks
d.    Homogeny

4.    Proses komunikasi dalam komunikasi massa bersifat…..
a.    Satu arah
b.   Dua arah
c.    Tiga arah
d.    Empat arah

5.    Umpan balik atau feedback pada komunikasi massa bersifat….
a.    tertunda
b.   Tertinggal
c.    Segera
d.    Langsung

6.    Ada beberapa bentuk umpan balik komunikasi massa, kecuali…..
a.    Surat pembaca yang dimuat dalam surat kabar
b.   Mengirim surat ke stasiun televise
c.    Menghubungi penyiar ke stasiun radio melalui pesawat telepon
d.   Membuat selebaran dan menyebarkannya

7.    Media massa dapat menimbulkan keserempakan, maksudnya...
A. Pada waktu yang sama, komunikan menerima pesan yang sama
B. Komunikan yang menerima pesan yang sama harus yang bertempat tinggal yang sama pula
C. Komunikan pada umumnya memilih pesan yang sama
D. Pesan yang disampaikan media massa bersifat serempak
8.  Dalam komunikasi massa, komunikan tidak dapat  mengendalikan arus informasi karena komunikan.....
A.tidak berbagi informasi kepada komunikan
B. Tidak dapat menanggapi pesan komunikasi
C. Tidak dapat memilih pesan
D. Pasif

9.   Komunikasi massa bersifat satu arah sehingga komunikan
A. Tidak dapat memberikan umpan balik langsung
B. Tidak aktif menanggapi dab memilih pesan
C. Tidak perlu mempertimbangkan karakteristik komunikan
D. Harus mau menerima pesan apa pun dari media massa

10. Komunikasi massa lebih mengutamakan unsur "isi" daripada unsur " hubungan", artinya pesan harus disusun...
A. Secara detail
B. Secara panjang lebar
C. Berdasarkan pembagaian bab per-bab
D. Berdasarkan sistem tertentu dan disesuaikan dengan jenis media massa



Soal tes Formatif  1. 2.

1. Komunikasi merupakan suatu proses. Oleh karena itu, dalam kegiatan komunikasi minimal diperlukan komponen....
A. Komunikator-pesan-komunikan
B. Komunikator- komunikan
C. Komunikator- media- komunikator
D. Komunikator- media- pesan

2. Wilbur schramm mengatakan bahwa suatu kegiatan komunikasi akan berlangsung apabila ada komponen
A. Source -message-destination
B. Sumber- pesan- media
C. Komunikator-komunikan-media
D. komunikator-media-pesan-komunikan

3. Saluran hubungan pribadi sangat menentukan terhadap berlangsungnya proses komunikasi…..
a. massa
b. antarpersona
c. kelompok
e. organisasi

4. Media yang digunakan dalam proses komunikasi massa terdiri atas 2 jenis, yaitu….
a. Media massa dan media cetak
b. media khusus dan media umum
c. media cetak dan media elektronik
d. surat kabar dan majalah

5. Untuk  melengkapi komponen-komponen dalam proses komunikasi massa yang mengacu pada formula Lasswell diperlukan adanya komponen…..
a. Efek Koknitif
b. sumber
c. umpan balik
f.   pesan

6. Analisis Audience(sasaran komunikasi) menyangkut masalah…..
a. Kepada siapa pesan disampaikan
b. siapa yang menyampaikan
c. apa yang disampaikan
d. melalui saluran apa pesan disampaikan

7. formula Harold D. Lasswell dapat diuraikan sebagai berikut.
a.   Who-Say What- in Which Chenel-To Whom- Whit What Effect and Feedback?
b.   Say What- in Which Chenel -To Whom.
c.    Who- Whit What Effect- Feedback
d.   Who-Say What- in Which Chenel-To Whom- Whit What Effect

8.  Komunikator dalam proses komunikasi massa adalah…
a.    Harus mewkili suatu lembaga, organisasi serta instansi
b.   Nama seseorang yang terkenal
c.    Tokoh masyarakat
d.   Seorang pejabat.
         Soal tes Formatif  2. 2.

1.    Salah satu keuntungan yang diperoleh kita mempelajari model komunikasi adalah…….
a.    Model mempunyai fungsi mengorganisasi system
b.   Model membuat perencanaan proses komunikasi
c.    Menjelaskan arti komunikasi
d.   Memberikan suatu cara untuk melakukan sesuatu.

2.    Berikut adalah salah satu  kelebihan yang dikemukakan oleh model komunikasi jarum hipodernik …..
a.    Sangat ampuh dalam memengaruhi komunikator
b.   Media massa lemah dalam menyampaikan pesannya
c.    Komunikan (audience) aktif mencari informasi
d.   Media massa sangat ampuh dalam memengaruhi khalayaknya (komunikan)

3.  Model komunikasi satu tahap menganggap bahwa..
a.    Pesan disalurkan melalui seseorang
b.   Pesan tidak mencapai sasaran
c.    Efek (akibat) yang ditimbulkan tidak sama pada setiap komunikan
d.   Prosesnya melibatkan opinion leader
4.    Penerusan pesan dari media massa kepada komunikan tidak secara langsung tetapi melalui beberapa orang dan terjadi pada situasi yang harus dilaksanakan  secara berurutan. Model komunikasi tersebut disebut dengan model….
a. satu tahap
b. dua tahap
c. banyak tahap
d. jarum hipodemik

5.    Urutan berlangsungnya komuniaksi banyak tahap adalah…..
a.    Komunikator – pesan-media massa- komunikan-effek
b.   media massa– pesan- Komunikator – komunikan
c.    sumber- media massa- komunikan-effek
d.   sumber(Komunikator )- media massa- komunikan


 
                                  komunikan    komunikan
                                               komunikan    komunikan
                                               komunikan    komunikan
6.    Model komunikasi dua tahap menjelaskan bahwa pemuka pendapat berperan dalam memengaruhi …..
a.    penerimaan pesan oleh individu
b.   perhatian audience(komunikan)
c.    pesan dari media massa
d.   perubahan sikap komunikan
7.    Salah satu kelemahan dari model komunikasi dua tahap adalah….
a.    Ketergantungan pemuka pendapat terhadap media massa
b.   Individu yang aktif mencari informasi hanya pemuka pendapat,  sedangkan anggota masyarakat pada umumnya pasif.
c.    Tidak mengabaikan waktu
d.   Tidak ada pemisahan antara audience atas pemuka pendapat dan masyarakat.

8.    Untuk menentukan kepemimpinan pemuka pendapat dilakukan melalui metode….
a.    Deskriptif analisis
b.   Kualitatif
c.    Wawancara dengan masyarakat
d.   Informant’s rating

9.    Kepemimpinan pemuka pendapat mempunyai  pengertian …
a.    Tokoh masyarakat
b.   Pejabat, guru
c.    Ditentukan oleh masyarakat
d.   Orang yang aktif mencari informasi melalui media massa.

10.   Yang membedakan model komuniaksi dua tahap dengan model-model komunikasi yang lainya terletak pada ….
a.    Kekuatan yang hebat dari media massa itu sendiri
b.   Adanya pengaruh kontak pribadi dengan opinion leader
c.    Terjadi efek komunikasi secara langsung
d.   Adanya peranan yang aktif dari opinion leader



Soal tes Formatif  1. 3.

1.    Yang tidak termasuk komunikator dalam media surat kabar adalah …..
a. Reporter
b. redaktur
c. penulis artikel
d. kameramen

2.    Yang tidak termasuk komunikator dalam proses komunikasi memalui  media radio adalah…..
a. Announcer
b. music director
c.  floor manager
d. produser

3.    Yang tidak termasuk komunikator dalam proses komunikasi memalui  media televisi adalah…..
b.Penulis kolom
b. penulis naskah
c. produser
d. presenter


4.     Yang tidak termasuk komunikator dalam proses komunikasi memalui  media film adalah…..
a.   Announcer
b. sutradara
c. aktris
d. penulis naskah

5.       Komunikator komunikasi massa bersifat institutionalized karena komunikator komunikasi massa harus …
a. mewakili lembaga pemerintah
b.mewakili lembaga swasta
c. mewakili lembaga tertentu
d.bekerjasama dengan seluruh personil media massa tersebut.
6.       Karakter komunikator komunikasi massa bersifat costliness karena….
a. Produksi media massa mahal
b.Harga media massa mahal
c. Harus mewakili lembaga pemerintah
d.Harus mewakili lembaga swasta
7.       Karakter komunikator komunikasi massa bersifat complexity  karena….
a. Orang yang terlibat sangat kompleks
b.Struktur organisasinya kompleks
c. Bahan beritanya sulit diperoleh
d.Materialnya sulit diperoleh
8.       Yang tidak termasuk code untuk media cetak adalah….
a.   gambar
b. foto
 c. bagan
d. sound effect
9.       Yang tidak termasuk code untuk media radio adalah….
a.   Still picture
b. music
 c. sound effect
d. suara

10.   Yang tidak termasuk code untuk media radio adalah….
a. Music
b. warna
 c. cahaya
d. karikatur


Soal tes Formatif  2. 3.

1.    Pihak yang tidak termasuk gatekeeper pada media massa surat kabar adalah ….
a.    Newspaper editor
b. Music editor
 c. News editor
d. managing editor
2.    Pihak yang tidak termasuk gatekeeper pada media massa radio  adalah ….
a.    picture editor
b. Music editor
 c. News director
d. radio stasiun manager
3.    Pihak yang tidak termasuk gatekeeper pada media massa televisi  adalah ….
a. television news director
b. producer
 c. movie producer
d. asisten producer
4.    Berikut ini adalah fungsi-fungsi gatekeeper,kecuali ….
a.       Menyeleksi isi pesan agar pesan itu layak muat
b.      Menyeleksi isi pesan agar pesan itu layak akurat
c.       Menyeleksi isi pesan agar pesan itu layak berimbang dan objektif
d.      Menyeleksi isi pesan agar pesan itu cepat tayang

5.    Ilmuwan yang mengemukakan proses gatekeeper  adalah ….
a.       Bruce willis dan mark lester
b.      Bruce willis dan Harold D. Lasswell
c.       Bruce H. Westley dan Malcolm S. MacLean
d.      Bruce H. Westley dan Malcolm Fisher

6.    Pihak yang tidak dapat dikategorikan regulator pada media radio   adalah ….
a. Viewers
b. KPI
 c. KID
d. listeners
7.    Pihak yang tidak dapat dikategorikan regulator pada media cetak  adalah ….
a.   The consumer
b. the gaverment
 c. the frofession
d. KPID
8.    Pencemaran nama baik seseorang yang dilakukan oleh pers   adalah ….
a.    Trail by the press
b. Trial by the press
 c. Trayel by the press
d. Trial by the press
9.       Istilah asas praduga tak bersalah dalam bahasa populernya disebut sebagai ….
a. presumption of innocence
b. prejudice
 c. predisposisi
d. preparation
10.   Seseorang yang dicemarkan nama baiknya lewat media massa cetak dapat mengajukan ….
a.    prerogatif
b. tulis
 c. jawab
d. menentang


Soal tes Formatif  3. 3.

1. Teori audience dari Melvin De Fleur yang menjelaskan bahwa setiap individu mempunyai perbedaan pengalaman atau perpedaan pengalaman atau perbedaan FOE & FOR dikenal dengan nama ....
A. The theory individual differences
B. The differences individual theory
C. The individual differences theory
D. The individual theory differences

2. Esensi dari teori kategori-kategori sosial Melvin De Fleur adalah...
A. Individu-individu dapat dikategorikan berdasarkan tempat tinggal
B. Masing-masing individu menyukai pesan yang berbeda
C. Individu-individu dari kategori yang sama menulis pesan yang sama, tetapi memberi kesan berbeda
D. Individu-individu dari kategori yang sama merujuk pesan yang sama dan merespon pesan tersebut relatif sama.

3. Esensi dari the sosial relationship theory dari Melvin De Fleur adalah...
A. Media massa dapat langsung mengubah tingkah laku khalayak.
B. Hubungan- hubungan informal lebih signifikan memengaruhi khalayak
C. Pengaruh media massa terhadap khalayak harus didahului oleh pengaruh individu
D. Khalayak yang relatif banyak bersosialisasi tidak memerlukan media massa




4.  Salah satu ciri yang tidak termasuk pada teori norma- norma budaya Melvin DeFleur adalah
A.  Media massa dapat membuat khalayak membentuk opini baru terhadap suatu hal
B.  Khalayak dapat mengubah pandangannya terhadap nilai-nilai yang selama ini dianut
C.  Khalayak dapat mengubah sikapnya terhadap nilai- nilai yang selama ini dianut
D.  Seorang individu tidak akan mengubah sikap dan pandangannya sekalipun sudah menjadi khalayak media massa

5.  Yang tidak termasuk karakteristik khalayak media massa adalah khalayak
A. Berjumlah banyak
B. Bersifat heterogen karena mewakili berbagai kategori sosial
C. Biasanya berkumpul disatu tempat tertentu
D. Bersifat anonym

6. Media radio siaran lebih bersifat segmented karena radio siaran ...
A. Sasaran khalayaknya umum
B. Sasaran khalayaknya bersifat tertentu
C. Pesannya untuk semua kalangan
D. Programnya dibatasi waktu

7. Stasiun televisi di Indonesia pada umumnya tidak segmented. Oleh karenanya, acara-acara televisi.....
  A. Ditentukan jam siarannya dengan waktu yang tersedia
B. Disesuaikan jam siarannya sesuai dengan dana yang tersedia
   C. Disesuaikan jan siarannya sesuai dengan sasaran khalayak
D. Disesuaikan jam siarannya sesuai dengan permintaan pemasang iklan

8.   Faktor yang tidak dapat memengaruhi filter pada masing- masing individu saat menerima pesan media massa adalah faktor
A. Lingkungan seseorang ketika menerima pesan
B. Lamanya seseorang menerima pesan
C. Kondisi fisik seseorang ketika menerima pesan
D. Ruangan dan cuaca

9.    Field of experiences ( FOE) dan frame of reference (FOR) juga dapat memengaruhi filter seseorang saat menerima pesan media massa karena...

A. FEO dan FOR ditentukan oleh lingkungan tempat tinggal dan usia
B.FEO dan FOR ditentukan oleh tingkat pendidikan dan usia
C. FEO dan FOR ditentukan oleh tempat tinggal dan cuaca
D. FEO dan FOR ditentukan oleh tingkat pendidikan, agama dan lingkungan.

10. Yang dimaksud dengan representative feedback adalah .....
A. feedback Yang diwakili oleh semua orang
B.  Feedback Yang diwakili oleh kelompok pembaca
C.  Feedback Yang diwakili oleh Kelompok pendengar
D.  Feedback Yang diwakili oleh suatu sampel tertentu










Soal tes Formatif  1. 4.

1.    Yang tidak termasuk dalam hambatan Psikologis adalah….
a.     Prasangka
b.Stereotip
c.     Kepentingan
d. Imitasi

2.    Kepentingan atau interest akan membuat komunikan selektif dalam memilih pesan. Selektivitas yang dilakukan komunikan itu disebabkan karena beberapa hal, kecuali
a.Pesan sesuai dengan minatnya
b.Pesan bermanfaat bagi dirinya
c. Pesang sangat singkat
d.Pesan sesuai dengan profesinya

3.       Salah satu factor yang menentukan adanya kesamaan respon(sifat reaktif) komunikan terhadap pesan komunikasi adalah kesamaan….
a.    Jenis kelamin
b.    Tempat tinggal
c.    Persepsi
d.    Tingkah laku

4.       Salah satu factor yang membentuk persepsi personal atau fungsional adalah ….
a.       sikap
b.      kebutuhan
c.       tingkah laku
d.      pengetahuan

5.       hambatan psikologis berupa gambaran atau tanggapan tertentu mengenai sifat-sifat dan watak pribadi orang atau golongan lain yang bercorak negative disebut dengan….
a.    prasangka
b.      kepentingan
c.     stereotip
d.      imitasi

            

Soal tes Formatif  2. 4.

1.    Keragaman norma social dapat mejadi salah satu hambatan komuniukasi massa karena norma social..
a.    Selalu bertentangan satu dengan yang lain
b.   Khalayak selalu berbeda dengan norma social komunikator
c.    Satu sangat berbeda dengan norma sosial lainnya
d.   Tidak bersifat universal

2.    Komunikator yang baik harus memahami norma-norma sosial agar terhindar dari kesalahan berkomunikasi, caranya adalah setiap komunikator….
a.    Harus tinggal beberapa waktu di berbagai wilayah yang berbeda
b.   Harus menguasai ilmu antropologi
c.    Harus bergaul dengan orang berbagai etnik
d.   Sebaiknya memahami berbagai budaya yang ada di lingkungannya.
3.    Bahasa daerah tidak dapat digunakan dalam komunikasi massa karena bahasa daerah…… 
a.    Hanya dimengerti khalayak setempat
b.   Sangat beragam
c.    Tidak memiliki istilah-istilah ilmiah
d.   Tidak dapat dipahami khalayak
4.    Salah satu sebab terjadinya hambatan semantic adalah …
a.    Berbicara terlalu tergesa-gesa
b.   Tidak menguasai bahasa asing
c.    Tidak mempersiapkan pesan
d.      Kurang perbendaharaan katanya

5.    Hambatan semantic berupa makna yang bersifat ambigu adalah hambatan yang disebabkan   penggunaan kata-kata yang memiliki makna…
a.    Terlalu luas
b.    Tidak jelas
c.     Yang terlalu sempit
d.    Ganda

6.    Pengertian denotati adalah mengartikan kata secara
a.    Emosional
b.    Evaluative
c.     Lazimnya dan baku
d.    subjektif
7.    Agar pesan komunikasi massa dapat dipahami oleh komunikasn yang berpendidikan rendah maka…
a.    Pesan komunikasi harus disesuaikan dengan yang berpendidikan rendah.
b.    Penyampaian pesan tersebut perlu dibantu oleh para pemuka pendapat
c.     Pesan komunikasi massa harus singkat
d.    Pesan komunikasi massa harus diulang-ulang
8.    Contoh hambatan mekanis komunikasi massa, diantaranya adalah…..
a.    Gambar di layar televise tidak jelas dan berdengung.
b.    Pesawat televise sudah kuno
c.     Pengiriman surat kabar terganggu kemacetan lalu lintas.
d.    Harga langganan surat kabar naik

Soal tes Formatif  3. 4.

1.    Polarisasi merupakan salah satu sifat manusia yang kurang baik karena dalam polarisasi, manusia selalu melihat,….
a.    Dunia, objek dan manusia lainnya dalam 2 kutup yang berbeda.
b.    Dunia itu terlalu luas
c.     Dunia secara terpolakan
d.    Manusia beragam sifat

2.    Contoh hambatan komunikasi massa karena polasisasi, apabila komunikan melihat komunikator  antara….
a.    Yang baik dan kurang baik
b.    Yang pandai dan agak pandai
c.     Yang kaya sekali dan kaya
d.    Kawan dan lawan

3.    Hambatan komunikasi massa berupa orientasi intensional terjadi karena komunikan..
a.    Lebih mengutamakan pesan daripada komunikatornya.
b.    Lebih mengutamakan media daripada komunikator
c.     Lebih mengutamakan lamanya penyampaian pesan
d.    Menganggap label lebih penting daripada komunikatornya.

4.    Cara menghindari orientasi intensionaladalah dengan orientasi ekstensional, yakni dengan cara..
a.       Komunikan member perhatian utama pada komunikator sesuai dengan yang dilihatnya
b.      Komunikan perlu melihat jabatan komunikator
c.       Komunikan perlu melihat kekayaan komunikator
d.      Mengganggap penampilan komunikan dianggap penting

5.    Hambatan kounikasi massa yang berupa evaluasi statis; terjadi apabila evaluasi komunikan terhadap komunikator..
a.       Berubah sesuai dengan perjalanan waktu
b.      Pada awal lebih penting dari evaluasi akhir
c.       Berdasarkan evaluasi beberapa tahun sebelumnya
d.      Evaluasi berdasarkan situasi dan kondisi terbaru

6.    Evaluasi statis yang dilakukan komunikan terhdap komunikator, menyebabkan komunikan…
a.       Memperoleh gambaran yang tepat tentang komunikator
b.      Memperoleh gambaran yang tidak tepat tentang komunikator
c.       Memperoleh gambaran yang jelas tentang komunikator
d.      Tidak memperoleh gambaran apa-apa tentang komunikator

7.    Indiskriminasi terjadi sebagai suatu hambatan karena biasanya komunikan…..
a.       Bertindak selektif
b.      Bertindak aktif
c.       Mengelompokkan komunikator pada kategori tertentu
d.      Bertindak membanding-bandingkan komunikator

8.    Agar kita sebagai komunikator tidak melakukan indiskriminasi terhadap komunikator maka sebaiknya kita…
a.       Melihat latar belakang pendidikan komunikator
b.      Melihat latar belakang etnik komunikator
c.       Member perhatian yang cukup terhadap karakteristik khas komunikator
d.      Melihat pekerjaan komunikator.

Soal tes Formatif  1. 5.

1.       Media massa adalah penyebar informasi bagi , penonton ataupun pembaca. Komunikan sebagai manusia, akan selalu merasa “haus” informasi mengenai segala sesuatu yang terjadi disekitarnya. Pernyataan tersebut termasuk kedalam fungsi….
a.       Memengaruhi
b.      Membujuk
c.       Member informasi
d.      Memberikan pendidikan
2.       Artikel dalam surat kabar, acara cerdas cermat,acara keterampilan keluarga yang disajikan oleh media massa mempunyai fungsi….
a.       Memberikan pendidikan
b.      Membius
c.       Memengaruhi
d.      Menghibur
3.       Pergelaran wayang golek, acara-acara music, film komedi, lawak, komik, cerpen, iklan-iklan, yang disajikan oleh media massa termasuk dalam fungsi…
a.       Mendidik
b.      Member informasi
c.       Menghibur
d.      Memengaruhi

4.       Fungsi mendidik dalam surat kabar dapat dilihat baik secara tersurat ataupun secara tersirat dalam rubric..
a.       Iklan suatu produk
b.      Artikel
c.       Pojok
d.      Tokoh
5.       Fungsi memengaruhi dari surat kabar secara implicit terdapat pada …
a.       Berita
b.      Iklan
c.       cerpen
d.      tajuk rencana
6.       Fungsi menghiburdalam media cetak (surat kabar) secara eksplicit terdapat dalam …
a.       Artikel
b.      Berita
c.       Iklan
d.      Cerita pendidikan
7.       Proses perimaan dan pengiriman pesan dapat membantu kita dalam berhubungan dengan orang lain. Komunikator dan komunikan saling menyesuaikan diri sehingga menimbulkan kesamaan. Proses komunikasi tersebut termasuk ke dalam fungsi…
a.       Menghibur
b.      Adaptasi terhadap lingkungan
c.       membagun proses mental
d.      mendidik
8.       setiap orang berusaha untuk saling memengaruhi sikap, pendapat, ide, gagasan, dan sebagainya. Fungsi komuniksi tersebut dapat digunakan sebagai alat untuk…
a.       menghibur
b.      membangun proses mental
c.       memanipulasi lingkungan
d.      kontrol utama dalam pengaturan dalam lingkungan

Soal tes Formatif  2. 5.

1.       Ada beberapa fungsi komuikasi massa secara khusus, salah stunya adalah…
a.       Mendidik
b.      Menghibur
c.       Membius
d.      Member informasi

2.          Khalayak memusatkan perhatian kepada upaya mengubah atau memperkuat sikap khalayak itu sendiri dan mengajak mereka agar bertindak dengan cara tertentu. Fungsi komunikasi massa tersebut disebut fungsi…
a.       Persuasive
b.      Informatif
c.       Mendidik
d.      Mengukuhkan

3.       Jika medi masa dapat melakukan perubahan  dalam kebiasaan sehari-hari seseorang maka komunikasi massa tersebut menjalankan fungsi…
a.       Menghibur
b.      Memengaruhi
c.       Mengubah
d.      Membius

4.       Media massa berusaha mengajak pembaca atau pemirsa untuk memakai suatu produk perusahaan tertentu. Setelah setiap pembaca atau pemirsa di bentuk maka pola perilakunya dimantapkan. Fungsi komunikasi massa dalam hal ini termasuk ke dalam……

a.       Menggerakkan
b.      Memengaruhi
c.       Membius
d.      Menginformasikan sesuatu

5.       Mengungkapkan sesuatu secara terbuka tentang penyimpangan-penyimpangan tertentu dari suatu norma yang berlaku dalam masyarakat disebut sebagai fungsi.
a.       menganugrahkan status
b.      membius
c.       menawarkan etika
d.      memengaruhi.

6.       Kecenderungan seseorang untuk menarik diri dari kelompok social dan mengucilkan diri dalam dunianya sendiri disebut fungsi
a.       membius
b.      privatisasi
c.       terisolasi
d.      menggerakkan

7.       Fungsi komuniksi massa yang dapat merugikan system social dengan menghambat pengembangan serta perubahan yang diperlakukan disebut fungsi….
a.      Activating
b.      narcotization
c.       ethicizing
d.      to influence

8.       pesan-pesan yang disampaikan oleh media massa dapat membuat khalayak menjadi anggota suatu kelompok disebut fungsi
a.       menciptakan rasa kebersamaan
b.      memengaruhi
c.       menggerakkan
d.      terisolasi




        Soal tes Formatif  1. 6

                 Pilihlah :
A.      jika (1) dan (2) Benar
B.      jika (1) dan (3) Benar
C.      jika (2) dan (3) Benar
D.      jika (1), (2) dan (3) Benar

1.    The penny press adalah era persurat kabaran di Amerika Serikat. Beberapa keadaan yang menjadi cirri dari The penny press adalah…
(1)    surat kabar mudah didapat
(2)    surat kabar harganya murah
(3)    surat kabar dapat dibaca oleh semua kalangan

2.    Yellow journalism adalah sebutan bagi pemberitaan surat kabar yang menekankan pada beberapa aspek, diantaranya adalah…
(1) sensasi
(2) skandal
(3) kriminal

3.    Surat kabar yang terbit di Indonesia pada masa penjajahan Belanda pada umumnya berisi…
(1)    Iklan lelang
(2)    Iklan jasa
(3)    Kutipan-kutipan berita dari surat kabar di Eropa

4.        Pada zaman penjajahan Jepang, Fungsi utama surat kabar adalah…
(1)     Alat propaganda bagi pemerintah Jepang
(2)     Member informasi yang akurat
(3)     Sebagai sarana untuk memuji-muji pemerintah dan tentara Jepang
5.         Pada awal kemerdekaan, surat kabar yang diusahakan bangsa Indonesia merupakan tandingan bagi surat kabar pemerintah penjajah. Dengan demikian, surat kabar Indonesia berfungsi sebagai alat….
(1)    Pendidikan
(2)    Propaganda
(3)    Perjuangan bangsa

6.     Di zaman Orde Lama, surat kabar sering berisi polemic antara Koran PKI dan non PKI. Pengertian polemic adalah sebagai….
(1)    “Perang pena”
(2)    Perdebatan mengenai suatu hal yang dilakukan melalui surat kabar
(3)    Lomba tulisan

7.     Beberapa fungsi surat kabar yang dicanangkan pemerintah saat ini, diantaranya adalah sebagai berikut..
(1)    Propaganda anti budaya luar
(2)    Untuk menyebarluaskan pesan pembangunan
(3)    untuk mencerdaskan bangsa

8.    Salah satu karakteristik surat kabar adalah aktualitas, yang mempunyai pengertian sebagai berikut….
(1)    Berita terbaru
(2)    Berita tercepat(timely)
(3)    Berita terlengkap

9.    Seseorang atau pihak yang melakukan pendokumentasian surat kabar dengan cara clipping disebabkan karena beberapa hal, diantaranya..
(1)    Berita/artikel itu penting
(2)    Berita/artikel itu relevan dengan profesinya
(3)    Berita/artikel itu menarik

10. Fungsi hiburan dari surat kabar dapat diperoleh dari rubric-rubrik, seperti….
(1)    Cerita bergambar
(2)    Cerita bersambung
(3)    Cerita pendek

     Soal tes Formatif  2. 6

                 Pilihlah :
A.      jika (1) dan (2) Benar
B.      jika (1) dan (3) Benar
C.      jika (2) dan (3) Benar
D.      jika (1), (2) dan (3) Benar

1.       Antara tahun 1820-1840 perkembangan majalah di Amerika begitu pesat sehungga disebut sebagai The Age of Magazine. Majalah yang terkenal pada saat itu, antara lain…..
(1)    Saturday Evening Post
(2)    Nort American Review
(3)    Time

2.       Majalah-majalah yang terbit menjelang dan awal kemerdekaan Indonesia pada umumnya berfungsi sebagai…
(1)                Alat penggalangan persatuan rakyat
(2)                Propaganda melawan penjajah
(3)                Alat perjuangan bangsa

3.       Fungsi suatu majalah ditentukan oleh factor-faktor…
(1)    Tipe majalah
(2)    Frekuensi terbit
(3)    Sasran khalayak pembacanya

4.       Kategorisasi majalah dapat dilihat berdasarkan aspek-aspek…
(1)    Profesi
(2)    Hobby
(3)    Usia

5.       Berita dalam majalah disajikan secara mendalam karena berita tersebut….
(1)    Menggunakan kalimat-kalimat yang panjang
(2)    Dianalisis
(3)    Diinterpretasikan

6.       Apabila berita dalam majalah sisajikan secara mendalam, berarti berita tersebut menggali lebih jauh unsur….
(1)    Why
(2)    How
(3)    What

7.       Untuk melakukan analisis berita, reporter perlu memperkaya laporannya dengan cara…
(1)    Mewawancarai sumber berita (pelaku peristiwa)
(2)    Pakar dalam ilmu terkait
(3)    Bahan bacaan yang relevan

8.       Cover majalah yang baik adalah yang memenuhi criteria….
(1)    Mencerminkan isi utama majalah tersebut
(2)    Mengandung semua unsure warna
(3)    Mengandung nilai artistic



           Soal tes Formatif  1. 7

1.       Ilmuwan yang mendapat julukan “Bapak Radio Siaran” di Amerika Serikat adalah…
a.       Dane
b.      Maxwell
c.       Lee de Forest
d.      Heinrich Hertz

2.       Fungsi utama radio siaran bagi pendengarnya di Indonesia pada masa penjajahan adalah…
a.       Memengaruhi
b.      Mendidik
c.       Menghibur
d.      Member informasi

3.       Radio siaran yang pertama kali diselenggarakan oleh bangsa Indonesia adalah….
a.      Bataviase Radio Vereniging
b.      Solosche radio Vereniging
c.       Nederlands Indie
d.      Nederlandsch indische Radio Oemroep Mij

4.       Radio siaran memiliki kekuatan daya langsung karena..
a.       Penyampaian peran radio tidak perlu memakai naskah
b.      Untuk mengoperasikan radio siaran sangat murah
c.       Penyiar radio dapat menerima umpan balik dari komunikan secara langsung melalui pesawat telepon
d.      Proses penyusunan dan penyampaian pesan tidak kompleks dan relative cepat dibandingkan melalui media cetak maupun televise

5.       Radio siaran memiliki kekuatan daya tembus karena radio siaran dapat menembus…
a.       Hutan belantara, lautan luas, melewati samudra serta menembus gunung-gunung yang tinggi
b.      Pendengar yangtidak berpendidikan sekalipun
c.       Pendengar yang miskin sekalipun
d.      Komunikan yang anonym

6.       Radio siaran memiliki kekuatan daya tarik karena…
a.       Dapat menggantikan fungsi hiburan lainnya
b.      Cara mengoperasikannya sangat mudah
c.       Terdiri dari kata, music dan efek suara
d.      Radio sangat praktis dibawa kemana-mana

7.       Penuturan siaran kata melalui radio sebaiknya menggunakan gaya percakapan, maksudnya..
a.       Penyiar dapat bercakap-cakap dengan pendengar
b.      Di antara para penyiar dapat bercakap-cakap
c.       Penyiar dapat bercakap-cakap dengan tamu di studio
d.      Untuk melakukan komunikasinya, penyiar seolah-olah Sedang bercakap dengan pendengarnya.

8.       Sound effect dalam radio siaran adalah ….
a.       Rekaman berbagai suara atau bunyi tiruan
b.      Bunyi-bunyi yang menyeramkan
c.       gangguan dalam bentuk suara
d.      gangguan dalam bentuk teknis

9.       sifat auditori radio siaran telah menyebabkan pesan diterima pendengar secara…
a.       langsung
b.      selintas
c.       berulang-ulang
d.      perlahan

10.   radio siaran bersifat akrab, maksudnya komunikator…
a.       kenal dengan pendengar
b.      dapat berhubungan dengan pendengar lewat udara
c.       dapat mengobrol dengan pendengar
d.      seolah-olah menemani pendengar di mana pun ia berada.














Soal tes Formatif  2. 7

1.    Fungsi utama televise adalah memberi hiburan. Hal tersebut mempunyai pengertian….
a.       Sebanyak 90% acara televisi harus berupa hiburan
b.      Televisi siaran tidak perlu melaksanakan fungsi mendidik
c.       Televisi siaran tidak perlu melaksanakan fungsi “membujuk “ atau persuasi
d.      Pesan nonhiburan dapat dikemas mengandung unsure hiburan

2.       Salah satu karakteristik televise adalah audiovisual (dapat dilihat dan didengar). Hat tersebut mempunyai pengertian..
a.       Gambar lebih utama ari suara
b.      Gambar lebih dominan dari suara
c.       Gambar dan suara harus harmonis
d.      Lebih baik Gambar tidak jelas, dari pada suara tidak terdengar

3.       Proses visualisasi dalam televisi mempunyai pengertian..
a.       Membuat gambar untuk televisi
b.      “menerjemahkan” kata-kata menjadi gambar secara individual
c.       Membuat gambar untuk acara film di televisi
d.      Membuat gambar untuk acara drama di televisi

4.       Siaran berita televise selalu dilengkapi dengan penayangan film berita, tujuannya adalh agar…
a.       Penonton tertarik menonton siaran berita
b.      Berita tidak terlalu singkat
c.       Berita menjadi utuh penyiarannya dan dapat dipercaya kebenarannya
d.      Berita tidak membosankan

5.       Faktor penonton perlu mendapat perhatian khusus dlam komunikasi melalui media televise karena setiap kelompok penonton…
a.       Mempunyai hak yang sama
b.      Mempunyai minat dan kebiasaan masing-masing
c.       Berada di tempat yang tersebar
d.      Mempunyai penghasilan yang berbeda
6.       Setiap acara televise siaran, ditayangkan dengan memperhatikan factor waktu, yaitu subuh,pagi, siang sore, malam dan tengah malam. Hal itu berdasarkan pertimbangan…
a.       Kebiasaan khalayak sasaran
b.      Praktis
c.       Jadwal yang tetap
d.      Komersial
7.       Factor durasi juga menjadi perhatian komunikator dalam menyampaikan pesan melalui televise. Hal tersebut dilakukan agar acara…
a.       Tidak terlalu lama
b.      Tidak terlalu singkat
c.       Sesuai dengan tujuan yang akan dicapai
d.      Tidak terlalu banyak menghabiskan biaya
8.       Metode penyajian pesan dalam acara-acara televise siaran harus mendapat perhatian khusus sehingga acara yang bersifat informative tidak harus dalam bentuk siaran berita, tetapi dapat disusun dengan cara..
a.       Dikemas dalam bentuk reportase, wawancara dan panel diskusi
b.      Disisipkan pada siaran iklan
c.       Disisipkan diantara lagu
d.      Disajikan dalam acara apapun juga secara tidak terbatas.

Soal tes Formatif  3. 7

1.    Film-film yang pernah dibuat oleh David Mark Griffith adalah…
a.    The adventures of Dolly
b.    The Birth of s Nation
c.     Intolerance
d.    Charlie-Chaplin
2.    Film-film yang dibuat selama tahun 1928/1930 di Indonesia adalah Film…
a.       Tangkunban Perahu
b.      Nyi Roro Kidul
c.       Si Conat
d.      Si Kabayan
3.    Pada umumnya, fungsi yang diharapkan didapat oleh khalayak dari menonton televise adalah fungsi…
a.    Hiburan
b.    Informasi
c.     Pendidikan
d.    Membujuk
4.    Panoramic shot adalah pengambilan gambar kamera….
a.       Menyeluruh terhadap situasi
b.      Bagian- bagian penting saja
c.       Semua latar belakang terekam
d.      Bagian atas saja

5.    Peniruan yang dilakukan oleh khalayak (penonton) terhadap pemain dalam sebuah film, disebut…
a.       Imitasi
b.      Identifikasi psikologis
c.       Empati
d.      Simpati

6.    Identifikasi psikologis merupakan sikap penonton terhadap pemeran film yang berupa…
a.       Empati
b.      Seolah-olah ia menyamakan dirinya dengan pemeran
c.       Seolah-olah ia merasakan apa yang dirasakan pemeran
d.      simpati

7.    factor yang utama dalam film berita adalah…
a.       kekuatan film
b.      pengambilan gambar yang tepat
c.       fakta yang utuh
d.      kuantitas film

8.    sumber yang dapat dijadikan film documenter adalah
a.    fakta sejarah
b.    biografi
c.     fiksi
d.    buku











Soal tes Formatif  4. 7

1.       secara harfiah, internet diartikan sebagai…
a.    rangkaian computer yang berhubungan menelusuri beberapa rangkaian
b.    system computer yang bersifat umum yang saling berhubungan dengan computer lainnya
c.     system computer yang bersifat umum yang berhubungan secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protocol pertukaran paket
d.    gabungan dari jaringan-jaringan computer dalam skala luas dan besar dimana masing-masing computer tersebut apat saling berkomunikasi satu dengan yangh lainnya
  
2.       Salah satu contoh mesin pencari dalam system internet adalah….
a.      e-commerce
b.      e-government
c.       google
d.      friendster

3.    Pada tanggal 1 januari 1983, ARPANET menukar protocol rangkaian pusatnya, yaitu….
a.       Dari NCP ke TCP
b.      Dari IP ke NCP
c.       Dari IP ke IT
d.      Dari NCP ke ICT

4.    Transaksi jual beli yang dilakukan melalui internet disebut dengan….
a.       The economist
b.      e-commerce
c.       e-government
d.      e-learning



Soal tes Formatif  1. 8

1.    Jika kita ingin melakukan suatu analisis terhadap efek dari kehadiran media massa maka analisis yang digunakan adalah analisis…
a.    deskriptif
b.    psikologi antropologi
c.     psikologi social
d.    perubahan efek

2.    Yang dimaksud dengan efek komunikasi massa adalah …
a.    akinat yang diterima oleh komunikator setelah berlangsungnya komunikasi
b.    pengaruh perubahan perilaku komunikan
c.     akibat yang diterima oleh komunikan setelah menerima pesan komunjikasi
d.    tanggapan dari pihak komunikan

3.    Kehadiran media massa yang mengakibatkan tumbuhnya berbagai usaha produksi, distribusi dan konsumsi jasa media massa, termasuk kedalam efek media massa berupa efek…
a.       Social
b.      Ekonomis
c.       Psikologi
d.      Penjadwalan kegiatan


4.    Perubahan yang terjadi pada struktur atau interaksi social sebagai akibat dari kehadiran media massa disebut efek…
a.       Ekonomis
b.      Social
c.       Peranan tertentu
d.      Psikologis

5.    Penggunaan media massa dengan tujuan untuk memuaskan kebutuhan psikologis, misalnya untuk menghilangkan perasaan tertentu pada diri seseorang disebut efek….
a.       Social
b.      Penyaluran perasaan tertentu
c.       Menimbulkan perasaan tertentu
d.      Penjadwalan kegiatan


Soal tes Formatif  2. 8


1.    Tujuan dari komunikasi massa bukan hanya sekedar memberi tahu kepada khalayak tentang sesuatu, tetapi lebih dari itu khalayak diharapkan apat merasakan sesuatu, misalnya perasaan gembira, terharu, iba dan sebagainya. Efek dalam komunikasi massa tersebut disebut efek….
a.       Prososial
b.      Efektif
c.       Kognitf
d.      Behavioral

2.    Film yang mendramatisasikan tragedy dan novel melankolis dapat menimbulkan suasana emosional khalayaknya. Namun, intensitas rangsangan emosional pesan media massa dapat dipengaruhi oleh beberapa factor, salah satunya adalah….
a.       Skema kognitif
b.      Sifat khalayak
c.       Pesan dari media massa
d.      Karakteristik komunikator

3.    Jika surat kabar menyajikan informasi tentang cara memasak, cara penggunaan kosmetika, petunjuk penggunaan computer maka surat kabar tersebut digunakan sebagai media….
a.       Pendidikan
b.      Hiburan
c.       Informasi
d.      Persuasi

4.    Akibat yang timbul dari khalayak setelah menerima pesan komunikasi massa dapat berupa perubahan perilaku, tindakan atau kegiatan. Hal tersebut dinamakan efek….
a.       Behavioral
b.      Prososial kognitif
c.       Afektif
d.      Ekonomis

5.    Naskah yang ada dalam pikiran kita dan dapat menjelaskan tentang alur suatu peristiwa disebut…
a.       Skema kognitif
b.      Efek afektif
c.       Suasana emosianal
d.      Suasana terpaan

6.    Acara Dunia Dalam Berita TVRI, cakrawala AnTeve, Seputar Indonesia RCTI merupakan penggunaan televise sebagai media…
a.    Pendidikan
b.    Hiburan
c.     Informasi
d.    Bujukan




Soal tes Formatif  1. 9

                 Pilihlah :
A.      jika (1) dan (2) Benar
B.      jika (1) dan (3) Benar
C.      jika (2) dan (3) Benar
D.      jika (1), (2) dan (3) Benar

1.    Tujuan utama pers otoriter adalah
(1)         mendukung kegiatan pemerintah yang sedang berkuasa
(2)         mengabdi pada Negara
(3)         member informasi

2.      Tujuan utama pers liberal adalah
(1)    member informasi
(2)    menghibur
(3)    untuk mengontrol pemerintah

3.      Kewajiban media massa Indonesia adalah…
(1)    Mempertahankan, membela dan mendukung pelaksanaan Pancasila dan UUD 45 secara murni dan konsekuen
(2)    Menumbuhkan persaingan bebas tanpa batas
(3)    Menjadi penyalur pendapat umum yang konstuktif

4.      Hal yang dilarang dalam pers liberal adalah …
(1)    Pencemaran nama baik
(2)    Pornografi dan tidak sopan
(3)    Memberitakan pejabat

5.      Hal yang dilarang pada pers Indonesia (pers Pancasila)
(1)    Menghina kepala Negara
(2)    Memberitakan aparat pemerintah/Negara yang sedang bertugas
(3)    Memberikan unsur SARA (suku,ras,agama,dan golongan)

6.      Pihak yang dapat menggunakan media massa pada sistem pers Soviet komunis adalah….
(1)    Para anggota partai yang setia
(2)    Para anggota partai yang ortodoks
(3)    Anggota masyarakat yang mendapat izin

7.      Kontrol terhadap media massa pada pers Indonesia (Pancasila) adalah…
(1)  Lembaga pengadilan
(2) Pemerintah
(3) Kode etik profesi

8.       Kontrol terhadap media massa pada pers tanggung jawab social( social responsibility) adalah…
(1) pendapat masyarakat (community opinion)
(2) tindakan konsumen(consumer action)
(3)  etika- etika profesi ( professional ethics)
Soal tes Formatif  2. 9

1.       Usaha-usaha disfusi inofasi pertama kali dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 1920-an dan 1930-an adalah dalam bidang…..
a.       Industry otomotif
b.      Kesehatan
c.       Social politik
d.      Pertanian

2.          Teori uses and gratifications menitik beratkan kepada ...
a.    Perhatian khalayak
b.   Perhatian media
c.    Model-model media
d.   Karakteristik media
3.       Pemberian prioritas dalam penyusunan pesan yang ditetapkan media massa merupakan teori…
a.       Disfusi inovasi
b.      uses and gratifications
c.       agenda setting
d.      kultivasi

4.       Tingkat  kesesuaian inovasi dengan nilai-nilai yang ada disebut dengan…..
a.       Kaidah relative
b.      Anteseden
c.       Kompleksitas
d.      Komtabilitas

5.       Menurut teori uses and gratifications, anggota khalayak dianggap secara aktif menggunakan media. Hal ini merupakan persepsi tentang ……
a.    Pemenuhan
b.   Penggunaan
c.    Efek media
d.   Logika

6.       Kesadaran individu akan adanya inovasi dan adanya pemenuhan tertentu tentang bagaimana inovasi tersebut berfungsi merupakan efek pada tahap…..
a.     Kognisi
b.     Persuasi
c.      Afektif
d.     Behavioral

7.       Hal-hal yang mendorong munculnya pendekatan teori uses and gratifications, antara lain…..
a.       Adanya oposisi terhadap pandangan deterministis tentang efek media
b.      Memusatkan perhatian pada kegunaan media
c.       Hubungan antara isi dengan komunikan
d.      Hubungan antara isi dengan media

8.       Salah satu asumsi dasar teori komunikasi massa, yang menyatakan bahwa televise merupakan sarana utama untuk belajar tentang masyarakat dan kultur adalah teori…
a.     Kultivasi
b.     Agenda setting
c.      uses and gratifications
d.     difusi inovasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar