KOMUNIKASI MASSA (SKOM4315)
Soal tes Formatif
1.1
1.
Jumlah komunikan pada komunkasi massa paling
sedikit adalah ……..
A.
1000 orang
|
B.
2000 orang
|
C.
3000 orang
|
D. Tidak
dapat ditentukan jumlahnya
|
2.
Media massa itu meliputi…………
A.
Radio- sarat kabar- televise-film-leaflet
B.
Radio- televise - sarat kabar –majalah - film-internet
C.
Radio- radio CB – televise- sarat kabar -
film-majalah
D.
Radio- buletin- majalah- televise – sarat kabar – film
3.
Yang termasuk dalam media komunikasi massa cetak
adalah…..
a.
Sarat kabar- majalah- Buletin
b.
Sarat kabar- majalah- Buku
c.
Sarat kabar- tabloid- majalah
d.
Sarat kabar- majalah- leaflet
4.
Yang termasu dalam media komunikasi massa
elektronik adalah……
a.
Radio – televise
b.
Radio- tape recorder
c.
televise – video
d.
radio - surat kabar
5.
komunikasi massa menurut Severin & Tankard
adalah sebagian dari keterampilan. Salah satu
kegiatan yang termasuk ke dalam
kerampilan adalah ………….
a.
Cara memfokuskan kamera
b.
Menulis skrip untuk program televise
c.
Menulis skrip drama untuk radio
d.
Menulis artikel
6.
komunikasi massa merupakan sebagian dari seni.
Salah satu kegiatan yang termasuk ke dalam seni adalah ……
a.
membuat
naskah wawancara
b.
membuat tata letak (lay out) foto
c.
cara mengatur suara sound system
d.
cara membaca cerita
7.
Ada
beberapa produk dari komunikasi massa menurut Gerbner, kecuali….
a. Berita
|
b. Artikel
|
c. Surat
kabar
|
d. Acara hiburan dilapangan
|
8.
Gerbner mengatakan apa yang dimaksud dengan arus
pesan yang continue, kecuali….
a.
Pesan disampaikan tiap jam
b.
Pesan disampaikan tiap hari
c.
Pesan disampaikan tiap minggu
d.
Pesan disampaikan sesuai dengan kepentingan
komunikan
9.
Menurut Freidson, komunikasi massa itu
dialamatkan kepada sejumlah populasi, dan populasi tersebut merupakan
representasi dari berbagai lapisan masyarakat. Yang tidak termasuk ke dalam
representasi dari berbagai lapisan masyarakat adalah khalayak kounikasi massa mewakili
berbagai…..
a. Etnik
|
b. Tingkat
pendidikan
|
c. Jumlah
komunikan
|
d. Tingkat
ekonomi
|
10.
Komunikasi massa adalah sebagian dari
keterampilan, sebagian seni dan sebagian ilmu. Definisi tersebut dikemukakan
oleh ….
a.
Severin & Tankard,Jr.
b.
Onong Uchjana Effendy
c.
Gerbner
d.
Joseph A De Vito.
Soal tes Formatif
2.1
1.
Komunikator pada komunikasi massa itu
terlembaga. Hal tersebut mempunyai pengertian, kecuali…….
a.
Komunikator terikat dengan lembaga media massa
di saat menyampaikan pesannya.
b.
Komunikator harus bekerjasama dengan pihak-pihak
lain yang ada pada lembaga media massa.
c.
Komunikator harus bekerjasama dengan lembaga pemerintah
d.
Komunikator harus menyesuaikan pesannya dengan
kebijakann media massa yang bersangkutan.
2.
Pesan komunikasi massa bersifat umum. Hal tersebut
mempunyai pengertian, kecuali…..
a.
Pesan ditujukan kepada semua kalangan.
b.
Pesan harus memenuhi kriteria menarik bagi
khalayak.
c.
Pesan harus memenuhi kriteria penting bagi
khalayak.
d.
Pesan harus menyangkut fasilitas umum
3.
Komunikan pada komunikasi massa terdiri dari
berbagai lapisan masyarakat yang berbeda. Oleh karenanya, komunikan pada
komunikasi massa bersifat……..
a.
Anonym
|
b.
Heterogen
|
c.
Kompleks
|
d.
Homogeny
|
4.
Proses komunikasi dalam komunikasi massa
bersifat…..
a.
Satu arah
|
b.
Dua arah
|
c.
Tiga arah
|
d.
Empat
arah
|
5.
Umpan balik atau feedback pada komunikasi massa
bersifat….
a.
tertunda
|
b.
Tertinggal
|
c.
Segera
|
d.
Langsung
|
6.
Ada beberapa bentuk umpan balik komunikasi
massa, kecuali…..
a.
Surat pembaca yang dimuat dalam surat kabar
b.
Mengirim surat ke stasiun televise
c.
Menghubungi penyiar ke stasiun radio melalui
pesawat telepon
d.
Membuat selebaran dan menyebarkannya
7.
Media massa dapat menimbulkan keserempakan, maksudnya...
A. Pada waktu yang sama, komunikan menerima pesan yang sama
B. Komunikan yang menerima pesan yang sama harus yang
bertempat tinggal yang sama pula
C. Komunikan pada umumnya memilih pesan yang sama
D.
Pesan yang disampaikan media massa bersifat serempak
8. Dalam komunikasi massa, komunikan tidak dapat mengendalikan arus informasi karena komunikan.....
A.tidak
berbagi informasi kepada komunikan
B. Tidak
dapat menanggapi pesan komunikasi
C. Tidak
dapat memilih pesan
D. Pasif
9. Komunikasi massa
bersifat satu arah sehingga komunikan
A.
Tidak dapat memberikan umpan balik langsung
B.
Tidak aktif menanggapi dab memilih pesan
C.
Tidak perlu mempertimbangkan karakteristik komunikan
D.
Harus mau menerima pesan apa pun dari media massa
10. Komunikasi massa lebih mengutamakan unsur
"isi" daripada unsur " hubungan", artinya pesan harus
disusun...
A. Secara
detail
B. Secara
panjang lebar
C.
Berdasarkan pembagaian bab per-bab
D.
Berdasarkan sistem tertentu dan disesuaikan dengan jenis media massa
Soal tes Formatif 1. 2.
1.
Komunikasi merupakan suatu proses. Oleh karena itu, dalam kegiatan komunikasi
minimal diperlukan komponen....
A.
Komunikator-pesan-komunikan
B.
Komunikator- komunikan
C.
Komunikator- media- komunikator
D.
Komunikator- media- pesan
2.
Wilbur schramm mengatakan bahwa suatu kegiatan komunikasi akan berlangsung
apabila ada komponen
A. Source -message-destination
B.
Sumber- pesan- media
C.
Komunikator-komunikan-media
D.
komunikator-media-pesan-komunikan
3.
Saluran hubungan pribadi sangat menentukan terhadap berlangsungnya proses
komunikasi…..
a. massa
|
b. antarpersona
|
c. kelompok
|
e.
organisasi
|
4. Media yang digunakan dalam proses komunikasi massa
terdiri atas 2 jenis, yaitu….
a. Media massa dan media cetak
b. media khusus dan media umum
c. media cetak dan media
elektronik
d. surat kabar dan majalah
5. Untuk melengkapi komponen-komponen dalam proses
komunikasi massa yang mengacu pada formula Lasswell diperlukan adanya
komponen…..
a. Efek Koknitif
|
b. sumber
|
c. umpan balik
|
f. pesan
|
6. Analisis Audience(sasaran komunikasi) menyangkut masalah…..
a. Kepada siapa pesan disampaikan
b. siapa yang menyampaikan
c. apa yang disampaikan
d. melalui saluran apa pesan
disampaikan
7. formula
Harold D. Lasswell dapat diuraikan sebagai berikut.
a. Who-Say What- in Which Chenel-To Whom- Whit
What Effect and Feedback?
b. Say What- in Which Chenel -To Whom.
c. Who- Whit What Effect- Feedback
d. Who-Say What- in Which Chenel-To Whom- Whit
What Effect
8. Komunikator dalam proses komunikasi massa
adalah…
a.
Harus mewkili suatu lembaga, organisasi serta
instansi
b.
Nama seseorang yang terkenal
c.
Tokoh masyarakat
d.
Seorang pejabat.
Soal tes Formatif
2.
2.
1.
Salah satu keuntungan yang diperoleh kita
mempelajari model komunikasi adalah…….
a. Model
mempunyai fungsi mengorganisasi system
b. Model
membuat perencanaan proses komunikasi
c. Menjelaskan
arti komunikasi
d. Memberikan
suatu cara untuk melakukan sesuatu.
2.
Berikut adalah salah satu kelebihan yang dikemukakan oleh model
komunikasi jarum hipodernik …..
a. Sangat
ampuh dalam memengaruhi komunikator
b. Media
massa lemah dalam menyampaikan pesannya
c. Komunikan
(audience) aktif mencari informasi
d. Media
massa sangat ampuh dalam memengaruhi khalayaknya (komunikan)
3. Model komunikasi satu tahap menganggap bahwa..
a. Pesan
disalurkan melalui seseorang
b. Pesan
tidak mencapai sasaran
c. Efek
(akibat) yang ditimbulkan tidak sama pada setiap komunikan
d. Prosesnya
melibatkan opinion leader
4.
Penerusan pesan dari media massa kepada
komunikan tidak secara langsung tetapi melalui beberapa orang dan terjadi pada
situasi yang harus dilaksanakan secara
berurutan. Model komunikasi tersebut disebut dengan model….
a. satu tahap
|
b. dua tahap
|
c. banyak tahap
|
d. jarum hipodemik
|
5.
Urutan berlangsungnya komuniaksi banyak tahap
adalah…..
a. Komunikator
– pesan-media massa- komunikan-effek
b. media
massa– pesan- Komunikator – komunikan
c. sumber-
media massa- komunikan-effek
d. sumber(Komunikator
)- media massa- komunikan
komunikan komunikan
komunikan
komunikan
komunikan komunikan
6.
Model komunikasi dua tahap menjelaskan bahwa
pemuka pendapat berperan dalam memengaruhi …..
a.
penerimaan pesan oleh individu
b.
perhatian audience(komunikan)
c.
pesan dari media massa
d.
perubahan sikap komunikan
7.
Salah satu kelemahan dari model komunikasi dua
tahap adalah….
a.
Ketergantungan pemuka pendapat terhadap media
massa
b.
Individu yang aktif mencari informasi hanya
pemuka pendapat, sedangkan anggota
masyarakat pada umumnya pasif.
c.
Tidak mengabaikan waktu
d.
Tidak ada pemisahan antara audience atas pemuka pendapat dan masyarakat.
8.
Untuk menentukan kepemimpinan pemuka pendapat
dilakukan melalui metode….
a.
Deskriptif analisis
b.
Kualitatif
c.
Wawancara dengan masyarakat
d. Informant’s rating
9.
Kepemimpinan pemuka pendapat mempunyai pengertian …
a.
Tokoh masyarakat
b.
Pejabat, guru
c.
Ditentukan oleh masyarakat
d.
Orang yang aktif mencari informasi melalui media
massa.
10.
Yang membedakan model komuniaksi dua tahap
dengan model-model komunikasi yang lainya terletak pada ….
a.
Kekuatan yang hebat dari media massa itu sendiri
b. Adanya
pengaruh kontak pribadi dengan opinion leader
c. Terjadi
efek komunikasi secara langsung
d. Adanya
peranan yang aktif dari opinion leader
Soal tes Formatif 1. 3.
1.
Yang tidak termasuk komunikator dalam media
surat kabar adalah …..
a.
Reporter
|
b. redaktur
|
c. penulis
artikel
|
d. kameramen
|
2. Yang
tidak termasuk komunikator dalam proses komunikasi memalui media radio adalah…..
a. Announcer
|
b. music director
|
c. floor
manager
|
d. produser
|
3.
Yang tidak termasuk komunikator dalam proses
komunikasi memalui media televisi
adalah…..
b.Penulis kolom
|
b. penulis
naskah
|
c. produser
|
d. presenter
|
4.
Yang
tidak termasuk komunikator dalam proses komunikasi memalui media film adalah…..
a. Announcer
|
b. sutradara
|
c. aktris
|
d. penulis naskah
|
5.
Komunikator komunikasi massa bersifat institutionalized karena komunikator
komunikasi massa harus …
a. mewakili
lembaga pemerintah
b.mewakili
lembaga swasta
c. mewakili
lembaga tertentu
d.bekerjasama
dengan seluruh personil media massa tersebut.
6.
Karakter komunikator komunikasi massa bersifat costliness karena….
a. Produksi
media massa mahal
b.Harga media massa mahal
c. Harus
mewakili lembaga pemerintah
d.Harus mewakili lembaga swasta
7.
Karakter komunikator komunikasi massa bersifat complexity karena….
a. Orang
yang terlibat sangat kompleks
b.Struktur organisasinya
kompleks
c. Bahan
beritanya sulit diperoleh
d.Materialnya sulit diperoleh
8.
Yang tidak termasuk code untuk media cetak adalah….
a.
gambar
|
b. foto
|
c. bagan
|
d. sound effect
|
9.
Yang tidak termasuk code untuk media radio adalah….
a.
Still picture
|
b. music
|
c. sound effect
|
d. suara
|
10.
Yang tidak termasuk code untuk media radio adalah….
a. Music
|
b. warna
|
c. cahaya
|
d. karikatur
|
Soal tes Formatif 2. 3.
1.
Pihak yang tidak termasuk gatekeeper pada media massa surat
kabar adalah ….
a.
Newspaper editor
|
b.
Music
editor
|
c. News editor
|
d. managing editor
|
2.
Pihak yang tidak termasuk gatekeeper pada media massa radio adalah ….
a.
picture editor
|
b.
Music
editor
|
c. News director
|
d. radio stasiun manager
|
3.
Pihak yang tidak termasuk gatekeeper pada media massa televisi
adalah ….
a. television news director
|
b.
producer
|
c. movie producer
|
d. asisten producer
|
4.
Berikut ini adalah fungsi-fungsi gatekeeper,kecuali ….
a.
Menyeleksi isi pesan agar pesan itu layak muat
b.
Menyeleksi isi pesan agar pesan itu layak akurat
c.
Menyeleksi isi pesan agar pesan itu layak berimbang dan
objektif
d.
Menyeleksi isi pesan agar pesan itu cepat tayang
5.
Ilmuwan yang mengemukakan proses gatekeeper adalah ….
a.
Bruce willis dan mark lester
b.
Bruce willis dan Harold D. Lasswell
c.
Bruce H. Westley dan Malcolm S. MacLean
d.
Bruce H. Westley dan Malcolm Fisher
6.
Pihak yang tidak dapat dikategorikan regulator pada media
radio adalah ….
a. Viewers
|
b. KPI
|
c. KID
|
d. listeners
|
7.
Pihak yang tidak dapat dikategorikan regulator pada media
cetak adalah ….
a.
The consumer
|
b. the
gaverment
|
c. the frofession
|
d. KPID
|
8.
Pencemaran nama baik seseorang yang dilakukan oleh pers adalah ….
a.
Trail by the press
|
b. Trial
by the press
|
c. Trayel by the press
|
d. Trial by the press
|
9.
Istilah asas praduga tak bersalah dalam bahasa populernya
disebut sebagai ….
a. presumption of innocence
|
b. prejudice
|
c. predisposisi
|
d. preparation
|
10.
Seseorang yang dicemarkan nama baiknya lewat media massa
cetak dapat mengajukan ….
a.
prerogatif
|
b. tulis
|
c. jawab
|
d. menentang
|
Soal tes Formatif 3. 3.
1. Teori audience dari Melvin De Fleur yang menjelaskan
bahwa setiap individu mempunyai perbedaan pengalaman atau perpedaan pengalaman
atau perbedaan FOE & FOR dikenal dengan nama ....
A. The theory individual differences
B. The differences individual theory
C. The individual differences theory
D. The individual theory differences
2. Esensi dari teori kategori-kategori sosial Melvin De
Fleur adalah...
A.
Individu-individu dapat dikategorikan berdasarkan tempat tinggal
B.
Masing-masing individu menyukai pesan yang berbeda
C.
Individu-individu dari kategori yang sama menulis pesan yang sama, tetapi
memberi kesan berbeda
D.
Individu-individu dari kategori yang sama merujuk pesan yang sama dan merespon
pesan tersebut relatif sama.
3. Esensi dari the sosial relationship theory dari Melvin
De Fleur adalah...
A.
Media massa dapat langsung mengubah tingkah laku khalayak.
B.
Hubungan- hubungan informal lebih signifikan memengaruhi khalayak
C.
Pengaruh media massa terhadap khalayak harus didahului oleh pengaruh individu
D.
Khalayak yang relatif banyak bersosialisasi tidak memerlukan media massa
4. Salah satu ciri
yang tidak termasuk pada teori norma- norma budaya Melvin DeFleur adalah
A. Media massa dapat
membuat khalayak membentuk opini baru terhadap suatu hal
B. Khalayak dapat
mengubah pandangannya terhadap nilai-nilai yang selama ini dianut
C. Khalayak dapat
mengubah sikapnya terhadap nilai- nilai yang selama ini dianut
D. Seorang
individu tidak akan mengubah sikap dan pandangannya sekalipun sudah menjadi
khalayak media massa
5. Yang tidak
termasuk karakteristik khalayak media massa adalah khalayak
A.
Berjumlah banyak
B.
Bersifat heterogen karena mewakili berbagai kategori sosial
C.
Biasanya berkumpul disatu tempat tertentu
D.
Bersifat anonym
6. Media radio siaran lebih bersifat segmented karena radio
siaran ...
A.
Sasaran khalayaknya umum
B.
Sasaran khalayaknya bersifat tertentu
C.
Pesannya untuk semua kalangan
D.
Programnya dibatasi waktu
7. Stasiun televisi di Indonesia pada umumnya tidak
segmented. Oleh karenanya, acara-acara televisi.....
A. Ditentukan jam siarannya dengan waktu yang
tersedia
B.
Disesuaikan jam siarannya sesuai dengan dana yang tersedia
C. Disesuaikan jan siarannya sesuai dengan
sasaran khalayak
D.
Disesuaikan jam siarannya sesuai dengan permintaan pemasang iklan
8. Faktor yang tidak dapat memengaruhi filter
pada masing- masing individu saat menerima pesan media massa adalah faktor
A. Lingkungan seseorang ketika menerima pesan
B. Lamanya seseorang menerima pesan
C. Kondisi fisik seseorang ketika menerima pesan
D. Ruangan dan cuaca
9.
Field of experiences ( FOE) dan frame of
reference (FOR) juga dapat memengaruhi filter seseorang saat menerima pesan
media massa karena...
A.
FEO dan FOR ditentukan oleh lingkungan tempat tinggal dan usia
B.FEO
dan FOR ditentukan oleh tingkat pendidikan dan usia
C.
FEO dan FOR ditentukan oleh tempat tinggal dan cuaca
D.
FEO dan FOR ditentukan oleh tingkat pendidikan, agama dan lingkungan.
10. Yang dimaksud dengan representative feedback adalah
.....
A.
feedback Yang diwakili oleh semua orang
B. Feedback Yang diwakili oleh kelompok pembaca
C.
Feedback Yang diwakili oleh Kelompok
pendengar
D.
Feedback Yang diwakili oleh suatu sampel
tertentu
Soal tes Formatif 1. 4.
1.
Yang tidak termasuk dalam hambatan Psikologis
adalah….
a.
Prasangka
|
b.Stereotip
|
c.
Kepentingan
|
d. Imitasi
|
2.
Kepentingan atau interest akan membuat komunikan
selektif dalam memilih pesan. Selektivitas yang dilakukan komunikan itu
disebabkan karena beberapa hal, kecuali
a.Pesan sesuai dengan
minatnya
|
b.Pesan bermanfaat bagi
dirinya
|
c. Pesang
sangat singkat
|
d.Pesan sesuai dengan
profesinya
|
3.
Salah satu factor yang menentukan adanya
kesamaan respon(sifat reaktif) komunikan terhadap pesan komunikasi adalah
kesamaan….
a.
Jenis kelamin
|
b.
Tempat tinggal
|
c.
Persepsi
|
d.
Tingkah laku
|
4.
Salah satu factor yang membentuk persepsi
personal atau fungsional adalah ….
a.
sikap
|
b.
kebutuhan
|
c.
tingkah laku
|
d.
pengetahuan
|
5.
hambatan psikologis berupa gambaran atau
tanggapan tertentu mengenai sifat-sifat dan watak pribadi orang atau golongan
lain yang bercorak negative disebut dengan….
a.
prasangka
|
b.
kepentingan
|
c.
stereotip
|
d.
imitasi
|
Soal tes Formatif 2. 4.
1.
Keragaman norma social dapat mejadi salah satu hambatan
komuniukasi massa karena norma social..
a.
Selalu bertentangan satu dengan yang lain
b.
Khalayak selalu berbeda dengan norma social komunikator
c.
Satu sangat berbeda dengan norma sosial lainnya
d.
Tidak bersifat universal
2.
Komunikator yang baik harus memahami norma-norma sosial agar
terhindar dari kesalahan berkomunikasi, caranya adalah setiap komunikator….
a.
Harus tinggal beberapa waktu di berbagai wilayah yang
berbeda
b.
Harus menguasai ilmu antropologi
c.
Harus bergaul dengan orang berbagai etnik
d.
Sebaiknya memahami berbagai budaya yang ada di
lingkungannya.
3.
Bahasa daerah tidak dapat digunakan dalam komunikasi massa
karena bahasa daerah……
a.
Hanya dimengerti khalayak setempat
b.
Sangat beragam
c.
Tidak memiliki istilah-istilah ilmiah
d.
Tidak dapat dipahami khalayak
4.
Salah satu sebab terjadinya hambatan semantic
adalah …
a.
Berbicara terlalu tergesa-gesa
b.
Tidak menguasai bahasa asing
c.
Tidak mempersiapkan pesan
d.
Kurang perbendaharaan katanya
5.
Hambatan semantic berupa makna yang bersifat
ambigu adalah hambatan yang disebabkan
penggunaan kata-kata yang memiliki makna…
a.
Terlalu luas
b.
Tidak jelas
c.
Yang terlalu sempit
d.
Ganda
6.
Pengertian denotati adalah mengartikan kata
secara
a.
Emosional
b.
Evaluative
c.
Lazimnya dan baku
d.
subjektif
7.
Agar pesan komunikasi massa dapat dipahami oleh
komunikasn yang berpendidikan rendah maka…
a.
Pesan komunikasi harus disesuaikan dengan yang
berpendidikan rendah.
b.
Penyampaian pesan tersebut perlu dibantu oleh
para pemuka pendapat
c.
Pesan komunikasi massa harus singkat
d.
Pesan komunikasi massa harus diulang-ulang
8.
Contoh hambatan mekanis komunikasi massa,
diantaranya adalah…..
a.
Gambar di layar televise tidak jelas dan
berdengung.
b.
Pesawat televise sudah kuno
c.
Pengiriman surat kabar terganggu kemacetan lalu
lintas.
d.
Harga langganan surat kabar naik
Soal tes Formatif 3. 4.
1.
Polarisasi merupakan salah satu sifat manusia yang kurang
baik karena dalam polarisasi, manusia selalu melihat,….
a.
Dunia, objek dan manusia lainnya dalam 2 kutup yang berbeda.
b.
Dunia itu terlalu luas
c.
Dunia secara terpolakan
d.
Manusia beragam sifat
2.
Contoh hambatan komunikasi massa karena polasisasi, apabila
komunikan melihat komunikator antara….
a.
Yang baik dan kurang baik
b.
Yang pandai dan agak pandai
c.
Yang kaya sekali dan kaya
d.
Kawan dan lawan
3.
Hambatan komunikasi massa berupa orientasi intensional
terjadi karena komunikan..
a.
Lebih mengutamakan pesan daripada komunikatornya.
b.
Lebih mengutamakan media daripada komunikator
c.
Lebih mengutamakan lamanya penyampaian pesan
d.
Menganggap label lebih penting daripada komunikatornya.
4.
Cara menghindari orientasi intensionaladalah dengan
orientasi ekstensional, yakni dengan cara..
a.
Komunikan member perhatian utama pada komunikator sesuai
dengan yang dilihatnya
b.
Komunikan perlu melihat jabatan komunikator
c.
Komunikan perlu melihat kekayaan komunikator
d.
Mengganggap penampilan komunikan dianggap penting
5.
Hambatan kounikasi massa yang berupa evaluasi statis;
terjadi apabila evaluasi komunikan terhadap komunikator..
a.
Berubah sesuai dengan perjalanan waktu
b.
Pada awal lebih penting dari evaluasi akhir
c.
Berdasarkan evaluasi beberapa tahun sebelumnya
d.
Evaluasi berdasarkan situasi dan kondisi terbaru
6.
Evaluasi statis yang dilakukan komunikan terhdap
komunikator, menyebabkan komunikan…
a.
Memperoleh gambaran yang tepat tentang komunikator
b.
Memperoleh gambaran yang tidak tepat tentang komunikator
c.
Memperoleh gambaran yang jelas tentang komunikator
d.
Tidak memperoleh gambaran apa-apa tentang komunikator
7.
Indiskriminasi terjadi sebagai suatu hambatan karena biasanya
komunikan…..
a.
Bertindak selektif
b.
Bertindak aktif
c.
Mengelompokkan komunikator pada kategori tertentu
d.
Bertindak membanding-bandingkan komunikator
8.
Agar kita sebagai komunikator tidak melakukan indiskriminasi
terhadap komunikator maka sebaiknya kita…
a.
Melihat latar belakang pendidikan komunikator
b.
Melihat latar belakang etnik komunikator
c.
Member perhatian yang cukup terhadap karakteristik khas
komunikator
d.
Melihat pekerjaan komunikator.
Soal tes Formatif 1. 5.
1.
Media massa adalah penyebar informasi bagi ,
penonton ataupun pembaca. Komunikan sebagai manusia, akan selalu merasa “haus”
informasi mengenai segala sesuatu yang terjadi disekitarnya. Pernyataan
tersebut termasuk kedalam fungsi….
a.
Memengaruhi
b.
Membujuk
c.
Member informasi
d.
Memberikan pendidikan
2.
Artikel dalam surat kabar, acara cerdas
cermat,acara keterampilan keluarga yang disajikan oleh media massa mempunyai
fungsi….
a.
Memberikan pendidikan
b.
Membius
c.
Memengaruhi
d.
Menghibur
3.
Pergelaran wayang golek, acara-acara music, film
komedi, lawak, komik, cerpen, iklan-iklan, yang disajikan oleh media massa
termasuk dalam fungsi…
a.
Mendidik
b.
Member informasi
c.
Menghibur
d.
Memengaruhi
4.
Fungsi mendidik dalam surat kabar dapat dilihat
baik secara tersurat ataupun secara tersirat dalam rubric..
a.
Iklan suatu produk
b.
Artikel
c.
Pojok
d.
Tokoh
5.
Fungsi memengaruhi dari surat kabar secara
implicit terdapat pada …
a.
Berita
b.
Iklan
c.
cerpen
d.
tajuk rencana
6.
Fungsi menghiburdalam media cetak (surat kabar)
secara eksplicit terdapat dalam …
a.
Artikel
b.
Berita
c.
Iklan
d.
Cerita pendidikan
7.
Proses perimaan dan pengiriman pesan dapat
membantu kita dalam berhubungan dengan orang lain. Komunikator dan komunikan
saling menyesuaikan diri sehingga menimbulkan kesamaan. Proses komunikasi
tersebut termasuk ke dalam fungsi…
a.
Menghibur
b.
Adaptasi terhadap lingkungan
c.
membagun proses mental
d.
mendidik
8.
setiap orang berusaha untuk saling memengaruhi
sikap, pendapat, ide, gagasan, dan sebagainya. Fungsi komuniksi tersebut dapat
digunakan sebagai alat untuk…
a.
menghibur
b.
membangun proses mental
c.
memanipulasi lingkungan
d.
kontrol utama dalam pengaturan dalam lingkungan
Soal tes Formatif 2. 5.
1.
Ada beberapa fungsi komuikasi massa secara khusus,
salah stunya adalah…
a.
Mendidik
b.
Menghibur
c.
Membius
d.
Member informasi
2.
Khalayak memusatkan perhatian kepada upaya mengubah atau
memperkuat sikap khalayak itu sendiri dan mengajak mereka agar bertindak dengan
cara tertentu. Fungsi komunikasi massa tersebut disebut fungsi…
a.
Persuasive
b.
Informatif
c.
Mendidik
d.
Mengukuhkan
3.
Jika medi masa dapat melakukan perubahan dalam kebiasaan sehari-hari seseorang maka
komunikasi massa tersebut menjalankan fungsi…
a.
Menghibur
b.
Memengaruhi
c.
Mengubah
d.
Membius
4.
Media massa berusaha mengajak pembaca atau pemirsa untuk
memakai suatu produk perusahaan tertentu. Setelah setiap pembaca atau pemirsa
di bentuk maka pola perilakunya dimantapkan. Fungsi komunikasi massa dalam hal
ini termasuk ke dalam……
a.
Menggerakkan
b.
Memengaruhi
c.
Membius
d.
Menginformasikan sesuatu
5.
Mengungkapkan sesuatu secara terbuka tentang
penyimpangan-penyimpangan tertentu dari suatu norma yang berlaku dalam
masyarakat disebut sebagai fungsi.
a.
menganugrahkan status
b.
membius
c.
menawarkan etika
d.
memengaruhi.
6.
Kecenderungan seseorang untuk menarik diri dari kelompok
social dan mengucilkan diri dalam dunianya sendiri disebut fungsi
a.
membius
b.
privatisasi
c.
terisolasi
d.
menggerakkan
7.
Fungsi komuniksi massa yang dapat merugikan system social
dengan menghambat pengembangan serta perubahan yang diperlakukan disebut
fungsi….
a.
Activating
b.
narcotization
c.
ethicizing
d.
to
influence
8.
pesan-pesan yang disampaikan oleh media massa dapat membuat
khalayak menjadi anggota suatu kelompok disebut fungsi
a.
menciptakan rasa kebersamaan
b.
memengaruhi
c.
menggerakkan
d.
terisolasi
Soal tes Formatif
1.
6
Pilihlah :
A.
jika (1)
dan (2) Benar
B.
jika (1)
dan (3) Benar
C.
jika (2)
dan (3) Benar
D.
jika (1),
(2) dan (3) Benar
1.
The penny
press adalah
era persurat kabaran di Amerika Serikat. Beberapa keadaan yang menjadi cirri
dari The penny press adalah…
(1)
surat kabar mudah didapat
(2)
surat kabar harganya murah
(3)
surat kabar dapat dibaca oleh semua kalangan
2.
Yellow
journalism adalah
sebutan bagi pemberitaan surat kabar yang menekankan pada beberapa aspek,
diantaranya adalah…
(1) sensasi
(2) skandal
(3) kriminal
3.
Surat kabar yang terbit di Indonesia pada masa penjajahan
Belanda pada umumnya berisi…
(1)
Iklan lelang
(2)
Iklan jasa
(3)
Kutipan-kutipan berita dari surat kabar di Eropa
4.
Pada zaman penjajahan Jepang, Fungsi utama surat kabar
adalah…
(1)
Alat propaganda bagi pemerintah Jepang
(2)
Member informasi yang akurat
(3)
Sebagai sarana untuk memuji-muji pemerintah dan tentara
Jepang
5.
Pada awal kemerdekaan, surat kabar yang diusahakan bangsa
Indonesia merupakan tandingan bagi surat kabar pemerintah penjajah. Dengan
demikian, surat kabar Indonesia berfungsi sebagai alat….
(1)
Pendidikan
(2)
Propaganda
(3)
Perjuangan bangsa
6.
Di zaman Orde Lama, surat kabar sering berisi polemic antara
Koran PKI dan non PKI. Pengertian polemic adalah sebagai….
(1)
“Perang pena”
(2)
Perdebatan mengenai suatu hal yang dilakukan melalui surat
kabar
(3)
Lomba tulisan
7.
Beberapa fungsi surat kabar yang dicanangkan pemerintah saat
ini, diantaranya adalah sebagai berikut..
(1)
Propaganda anti budaya luar
(2)
Untuk menyebarluaskan pesan pembangunan
(3)
untuk mencerdaskan bangsa
8. Salah
satu karakteristik surat kabar adalah aktualitas, yang mempunyai pengertian
sebagai berikut….
(1)
Berita terbaru
(2)
Berita tercepat(timely)
(3)
Berita terlengkap
9. Seseorang
atau pihak yang melakukan pendokumentasian surat kabar dengan cara clipping disebabkan karena beberapa hal,
diantaranya..
(1)
Berita/artikel itu penting
(2)
Berita/artikel itu relevan dengan profesinya
(3)
Berita/artikel itu menarik
10. Fungsi
hiburan dari surat kabar dapat diperoleh dari rubric-rubrik, seperti….
(1)
Cerita bergambar
(2)
Cerita bersambung
(3)
Cerita pendek
Soal tes Formatif
2.
6
Pilihlah :
A.
jika (1)
dan (2) Benar
B.
jika (1)
dan (3) Benar
C.
jika (2) dan
(3) Benar
D.
jika (1),
(2) dan (3) Benar
1.
Antara tahun 1820-1840 perkembangan majalah di Amerika
begitu pesat sehungga disebut sebagai The
Age of Magazine. Majalah yang terkenal pada saat itu, antara lain…..
(1)
Saturday
Evening Post
(2)
Nort
American Review
(3)
Time
2.
Majalah-majalah yang terbit menjelang dan awal kemerdekaan
Indonesia pada umumnya berfungsi sebagai…
(1)
Alat penggalangan persatuan rakyat
(2)
Propaganda melawan penjajah
(3)
Alat perjuangan bangsa
3.
Fungsi suatu majalah ditentukan oleh factor-faktor…
(1)
Tipe majalah
(2)
Frekuensi terbit
(3)
Sasran khalayak pembacanya
4.
Kategorisasi majalah dapat dilihat berdasarkan aspek-aspek…
(1)
Profesi
(2)
Hobby
(3)
Usia
5.
Berita dalam majalah disajikan secara mendalam karena berita
tersebut….
(1)
Menggunakan kalimat-kalimat yang panjang
(2)
Dianalisis
(3)
Diinterpretasikan
6.
Apabila berita dalam majalah sisajikan secara mendalam,
berarti berita tersebut menggali lebih jauh unsur….
(1)
Why
(2)
How
(3)
What
7.
Untuk melakukan analisis berita, reporter perlu memperkaya
laporannya dengan cara…
(1)
Mewawancarai sumber berita (pelaku peristiwa)
(2)
Pakar dalam ilmu terkait
(3)
Bahan bacaan yang relevan
8.
Cover majalah yang baik adalah yang memenuhi criteria….
(1)
Mencerminkan isi utama majalah tersebut
(2)
Mengandung semua unsure warna
(3)
Mengandung nilai artistic
Soal tes Formatif
1.
7
1. Ilmuwan
yang mendapat julukan “Bapak Radio Siaran” di Amerika Serikat adalah…
a.
Dane
b.
Maxwell
c.
Lee de Forest
d.
Heinrich Hertz
2. Fungsi
utama radio siaran bagi pendengarnya di Indonesia pada masa penjajahan adalah…
a.
Memengaruhi
b.
Mendidik
c.
Menghibur
d.
Member informasi
3. Radio
siaran yang pertama kali diselenggarakan oleh bangsa Indonesia adalah….
a. Bataviase Radio Vereniging
b. Solosche radio Vereniging
c. Nederlands
Indie
d. Nederlandsch
indische Radio Oemroep Mij
4.
Radio siaran memiliki kekuatan daya langsung
karena..
a.
Penyampaian peran radio tidak perlu memakai
naskah
b.
Untuk mengoperasikan radio siaran sangat murah
c.
Penyiar radio dapat menerima umpan balik dari
komunikan secara langsung melalui pesawat telepon
d.
Proses penyusunan dan penyampaian pesan tidak
kompleks dan relative cepat dibandingkan melalui media cetak maupun televise
5. Radio
siaran memiliki kekuatan daya tembus karena radio siaran dapat menembus…
a.
Hutan belantara, lautan luas, melewati samudra
serta menembus gunung-gunung yang tinggi
b.
Pendengar yangtidak berpendidikan sekalipun
c.
Pendengar yang miskin sekalipun
d.
Komunikan yang anonym
6. Radio
siaran memiliki kekuatan daya tarik karena…
a.
Dapat menggantikan fungsi hiburan lainnya
b.
Cara mengoperasikannya sangat mudah
c.
Terdiri dari kata, music dan efek suara
d.
Radio sangat praktis dibawa kemana-mana
7. Penuturan
siaran kata melalui radio sebaiknya menggunakan gaya percakapan, maksudnya..
a.
Penyiar dapat bercakap-cakap dengan pendengar
b.
Di antara para penyiar dapat bercakap-cakap
c.
Penyiar dapat bercakap-cakap dengan tamu di
studio
d.
Untuk melakukan komunikasinya, penyiar
seolah-olah Sedang bercakap dengan pendengarnya.
8. Sound
effect dalam radio siaran adalah ….
a.
Rekaman berbagai suara atau bunyi tiruan
b.
Bunyi-bunyi yang menyeramkan
c.
gangguan dalam bentuk suara
d.
gangguan dalam bentuk teknis
9. sifat
auditori radio siaran telah menyebabkan pesan diterima pendengar secara…
a.
langsung
b.
selintas
c.
berulang-ulang
d.
perlahan
10. radio
siaran bersifat akrab, maksudnya komunikator…
a.
kenal dengan pendengar
b.
dapat berhubungan dengan pendengar lewat udara
c.
dapat mengobrol dengan pendengar
d.
seolah-olah menemani pendengar di mana pun ia
berada.
Soal tes Formatif
2.
7
1. Fungsi
utama televise adalah memberi hiburan. Hal tersebut mempunyai pengertian….
a.
Sebanyak 90% acara televisi harus berupa hiburan
b.
Televisi siaran tidak perlu melaksanakan fungsi mendidik
c.
Televisi siaran tidak perlu melaksanakan fungsi “membujuk “
atau persuasi
d.
Pesan nonhiburan dapat dikemas mengandung unsure hiburan
2. Salah
satu karakteristik televise adalah audiovisual (dapat dilihat dan didengar).
Hat tersebut mempunyai pengertian..
a.
Gambar lebih utama ari suara
b.
Gambar lebih dominan dari suara
c.
Gambar dan suara harus harmonis
d.
Lebih baik Gambar tidak jelas, dari pada suara tidak
terdengar
3. Proses
visualisasi dalam televisi mempunyai pengertian..
a.
Membuat gambar untuk televisi
b.
“menerjemahkan” kata-kata menjadi gambar secara individual
c.
Membuat gambar untuk acara film di televisi
d.
Membuat gambar untuk acara drama di televisi
4. Siaran
berita televise selalu dilengkapi dengan penayangan film berita, tujuannya
adalh agar…
a.
Penonton tertarik menonton siaran berita
b.
Berita tidak terlalu singkat
c.
Berita menjadi utuh penyiarannya dan dapat dipercaya
kebenarannya
d.
Berita tidak membosankan
5. Faktor
penonton perlu mendapat perhatian khusus dlam komunikasi melalui media televise
karena setiap kelompok penonton…
a.
Mempunyai hak yang sama
b.
Mempunyai minat dan kebiasaan masing-masing
c.
Berada di tempat yang tersebar
d.
Mempunyai penghasilan yang berbeda
6. Setiap
acara televise siaran, ditayangkan dengan memperhatikan factor waktu, yaitu
subuh,pagi, siang sore, malam dan tengah malam. Hal itu berdasarkan
pertimbangan…
a.
Kebiasaan khalayak sasaran
b.
Praktis
c.
Jadwal yang tetap
d.
Komersial
7. Factor
durasi juga menjadi perhatian komunikator dalam menyampaikan pesan melalui
televise. Hal tersebut dilakukan agar acara…
a.
Tidak terlalu lama
b.
Tidak terlalu singkat
c.
Sesuai dengan tujuan yang akan dicapai
d.
Tidak terlalu banyak menghabiskan biaya
8. Metode
penyajian pesan dalam acara-acara televise siaran harus mendapat perhatian
khusus sehingga acara yang bersifat informative tidak harus dalam bentuk siaran
berita, tetapi dapat disusun dengan cara..
a.
Dikemas dalam bentuk reportase, wawancara dan panel diskusi
b.
Disisipkan pada siaran iklan
c.
Disisipkan diantara lagu
d.
Disajikan dalam acara apapun juga secara tidak terbatas.
Soal tes Formatif
3.
7
1. Film-film
yang pernah dibuat oleh David Mark Griffith adalah…
a. The
adventures of Dolly
b. The
Birth of s Nation
c. Intolerance
d. Charlie-Chaplin
2. Film-film
yang dibuat selama tahun 1928/1930 di Indonesia adalah Film…
a. Tangkunban
Perahu
b. Nyi
Roro Kidul
c. Si
Conat
d. Si
Kabayan
3. Pada
umumnya, fungsi yang diharapkan didapat oleh khalayak dari menonton televise
adalah fungsi…
a. Hiburan
b. Informasi
c. Pendidikan
d. Membujuk
4. Panoramic
shot adalah pengambilan gambar kamera….
a. Menyeluruh
terhadap situasi
b. Bagian-
bagian penting saja
c. Semua
latar belakang terekam
d. Bagian
atas saja
5. Peniruan
yang dilakukan oleh khalayak (penonton) terhadap pemain dalam sebuah film,
disebut…
a. Imitasi
b. Identifikasi
psikologis
c. Empati
d. Simpati
6. Identifikasi
psikologis merupakan sikap penonton terhadap pemeran film yang berupa…
a. Empati
b. Seolah-olah
ia menyamakan dirinya dengan pemeran
c. Seolah-olah
ia merasakan apa yang dirasakan pemeran
d. simpati
7. factor
yang utama dalam film berita adalah…
a. kekuatan
film
b. pengambilan
gambar yang tepat
c. fakta
yang utuh
d. kuantitas
film
8. sumber
yang dapat dijadikan film documenter adalah
a. fakta
sejarah
b. biografi
c. fiksi
d. buku
Soal tes Formatif
4.
7
1. secara
harfiah, internet diartikan sebagai…
a. rangkaian
computer yang berhubungan menelusuri beberapa rangkaian
b. system
computer yang bersifat umum yang saling berhubungan dengan computer lainnya
c. system
computer yang bersifat umum yang berhubungan secara global dan menggunakan
TCP/IP sebagai protocol pertukaran paket
d. gabungan
dari jaringan-jaringan computer dalam skala luas dan besar dimana masing-masing
computer tersebut apat saling berkomunikasi satu dengan yangh lainnya
2. Salah
satu contoh mesin pencari dalam system internet adalah….
a.
e-commerce
b.
e-government
c.
google
d.
friendster
3. Pada
tanggal 1 januari 1983, ARPANET menukar protocol rangkaian pusatnya, yaitu….
a. Dari
NCP ke TCP
b. Dari
IP ke NCP
c. Dari
IP ke IT
d. Dari
NCP ke ICT
4. Transaksi
jual beli yang dilakukan melalui internet disebut dengan….
a. The
economist
b.
e-commerce
c.
e-government
d.
e-learning
Soal tes Formatif
1.
8
1. Jika
kita ingin melakukan suatu analisis terhadap efek dari kehadiran media massa
maka analisis yang digunakan adalah analisis…
a. deskriptif
b. psikologi
antropologi
c. psikologi
social
d. perubahan
efek
2. Yang
dimaksud dengan efek komunikasi massa adalah …
a. akinat
yang diterima oleh komunikator setelah berlangsungnya komunikasi
b. pengaruh
perubahan perilaku komunikan
c. akibat
yang diterima oleh komunikan setelah menerima pesan komunjikasi
d. tanggapan
dari pihak komunikan
3. Kehadiran
media massa yang mengakibatkan tumbuhnya berbagai usaha produksi, distribusi
dan konsumsi jasa media massa, termasuk kedalam efek media massa berupa efek…
a. Social
b. Ekonomis
c. Psikologi
d. Penjadwalan
kegiatan
4. Perubahan
yang terjadi pada struktur atau interaksi social sebagai akibat dari kehadiran
media massa disebut efek…
a. Ekonomis
b. Social
c. Peranan
tertentu
d. Psikologis
5. Penggunaan
media massa dengan tujuan untuk memuaskan kebutuhan psikologis, misalnya untuk
menghilangkan perasaan tertentu pada diri seseorang disebut efek….
a. Social
b. Penyaluran
perasaan tertentu
c. Menimbulkan
perasaan tertentu
d. Penjadwalan
kegiatan
Soal tes Formatif 2. 8
1. Tujuan
dari komunikasi massa bukan hanya sekedar memberi tahu kepada khalayak tentang
sesuatu, tetapi lebih dari itu khalayak diharapkan apat merasakan sesuatu,
misalnya perasaan gembira, terharu, iba dan sebagainya. Efek dalam komunikasi
massa tersebut disebut efek….
a. Prososial
b. Efektif
c. Kognitf
d. Behavioral
2. Film
yang mendramatisasikan tragedy dan novel melankolis dapat menimbulkan suasana
emosional khalayaknya. Namun, intensitas rangsangan emosional pesan media massa
dapat dipengaruhi oleh beberapa factor, salah satunya adalah….
a. Skema
kognitif
b. Sifat
khalayak
c. Pesan
dari media massa
d. Karakteristik
komunikator
3. Jika
surat kabar menyajikan informasi tentang cara memasak, cara penggunaan
kosmetika, petunjuk penggunaan computer maka surat kabar tersebut digunakan
sebagai media….
a. Pendidikan
b. Hiburan
c. Informasi
d. Persuasi
4. Akibat
yang timbul dari khalayak setelah menerima pesan komunikasi massa dapat berupa
perubahan perilaku, tindakan atau kegiatan. Hal tersebut dinamakan efek….
a. Behavioral
b. Prososial
kognitif
c. Afektif
d. Ekonomis
5. Naskah
yang ada dalam pikiran kita dan dapat menjelaskan tentang alur suatu peristiwa
disebut…
a. Skema
kognitif
b. Efek
afektif
c. Suasana
emosianal
d. Suasana
terpaan
6. Acara
Dunia Dalam Berita TVRI, cakrawala AnTeve, Seputar Indonesia RCTI merupakan
penggunaan televise sebagai media…
a. Pendidikan
b. Hiburan
c. Informasi
d. Bujukan
Soal tes Formatif 1. 9
Pilihlah :
A.
jika (1)
dan (2) Benar
B.
jika (1)
dan (3) Benar
C.
jika (2)
dan (3) Benar
D.
jika (1),
(2) dan (3) Benar
1.
Tujuan utama pers otoriter adalah
(1) mendukung kegiatan pemerintah yang sedang berkuasa
(2) mengabdi pada Negara
(3) member informasi
2.
Tujuan utama pers liberal adalah
(1) member
informasi
(2) menghibur
(3) untuk
mengontrol pemerintah
3.
Kewajiban media massa Indonesia adalah…
(1) Mempertahankan,
membela dan mendukung pelaksanaan Pancasila dan UUD 45 secara murni dan
konsekuen
(2) Menumbuhkan
persaingan bebas tanpa batas
(3) Menjadi
penyalur pendapat umum yang konstuktif
4.
Hal yang dilarang dalam pers liberal adalah …
(1) Pencemaran
nama baik
(2) Pornografi
dan tidak sopan
(3) Memberitakan
pejabat
5.
Hal yang dilarang pada pers Indonesia (pers Pancasila)
(1) Menghina
kepala Negara
(2) Memberitakan
aparat pemerintah/Negara yang sedang bertugas
(3) Memberikan
unsur SARA (suku,ras,agama,dan golongan)
6.
Pihak yang dapat menggunakan media massa pada sistem pers
Soviet komunis adalah….
(1) Para anggota
partai yang setia
(2) Para
anggota partai yang ortodoks
(3) Anggota
masyarakat yang mendapat izin
7.
Kontrol terhadap media massa pada pers Indonesia (Pancasila)
adalah…
(1) Lembaga pengadilan
(2) Pemerintah
(3) Kode etik
profesi
8.
Kontrol terhadap media massa pada pers tanggung jawab
social( social responsibility) adalah…
(1) pendapat
masyarakat (community opinion)
(2) tindakan
konsumen(consumer action)
(3) etika- etika profesi ( professional ethics)
Soal tes Formatif
2.
9
1. Usaha-usaha
disfusi inofasi pertama kali dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 1920-an
dan 1930-an adalah dalam bidang…..
a. Industry
otomotif
b. Kesehatan
c. Social
politik
d. Pertanian
2.
Teori uses and
gratifications menitik beratkan kepada ...
a. Perhatian
khalayak
b. Perhatian
media
c. Model-model
media
d. Karakteristik
media
3. Pemberian
prioritas dalam penyusunan pesan yang ditetapkan media massa merupakan teori…
a. Disfusi
inovasi
b. uses and gratifications
c. agenda setting
d. kultivasi
4.
Tingkat kesesuaian
inovasi dengan nilai-nilai yang ada disebut dengan…..
a.
Kaidah relative
b.
Anteseden
c.
Kompleksitas
d.
Komtabilitas
5.
Menurut teori uses and
gratifications, anggota khalayak dianggap secara aktif menggunakan media.
Hal ini merupakan persepsi tentang ……
a. Pemenuhan
b. Penggunaan
c. Efek
media
d. Logika
6.
Kesadaran individu akan adanya inovasi dan adanya pemenuhan
tertentu tentang bagaimana inovasi tersebut berfungsi merupakan efek pada
tahap…..
a.
Kognisi
b.
Persuasi
c.
Afektif
d.
Behavioral
7.
Hal-hal yang mendorong munculnya pendekatan teori uses and gratifications, antara lain…..
a.
Adanya oposisi terhadap pandangan deterministis tentang efek
media
b.
Memusatkan perhatian pada kegunaan media
c.
Hubungan antara isi dengan komunikan
d.
Hubungan antara isi dengan media
8.
Salah satu asumsi dasar teori komunikasi massa, yang
menyatakan bahwa televise merupakan sarana utama untuk belajar tentang
masyarakat dan kultur adalah teori…
a.
Kultivasi
b.
Agenda
setting
c.
uses and
gratifications
d.
difusi inovasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar